JOGJA – Tahun ini untuk yang keempat kalinya, Jogjakarta Plaza Hotel (JPH) meraih kembali penghargaan sebagai pelaku usaha dan kegiatan jasa pariwisata terbaik di DIJ. Itu dalam program minimalisasi air limbah atau Waste Water Minimize (W2M) 2014.
Hal tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur DIJ atas evaluasi yang diadakan Badan Lingkungan Hidup DIJ. Dalam rangka Pelaksanaan W2M terhadap pelaku usaha atau kegiatan jasa pariwisata, industri dan pelayanan kesehatan di DIJ.Public Relations JPH Precy Setyadhika Permata mengatakan JPH mendapat peringkat pertama diantara dua hotel lainnya yang telah melakukan kegiatan 3R yakni reduce, reuse dan recycle atau menggunakan air limbah dengan baik.
“Penghargaan tersebut diberikan pada saat acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat DIJ Selasa kemarin,” ujar Precy, Rabu (18/6).Dirinya menjelaskan kegiatan evaluasi W2M ini dilakukan dengan kunjungan lapangan oleh Badan Lingkungan Hidup DIJ terhadap pelaku usaha dan kegiatan jasa pariwisata, industri dan pelayanan kesehatan. Kemudian dievaluasi oleh tim penilai sehingga diperoleh pelaku usaha terbaik di DIJ.
Upaya yang telah dilakukan JPH untuk menjalankan program green hotel dan meminimalisasi air sejak empat tahun lalu telah membuahkan hasil. Penghargaan ini mengukuhkan JPH sebagai green hotel di Jogja. “Salah satu yang kita lakukan yakni memaksimalkan penggunaan ulang air limbah yang sudah diolah melalui STP (sewage treatment plan). Pemanfaatan air digunakan untuk menyirami seluruh taman di area hotel, pengisian air kolam hias dan pengisian mesin pendingin,” ujar Precy.
Selain itu, JPH juga memanfaatkan air kendensasi AC yang dahulu dibuang namun saat ini ditampung dan dimanfaatkan untuk pendinginan mesin-mesin yang ada di Hotel. JPH juga melakukan penggantian peralatan mandi yaitu shower dengan jenis yang ramah lingkungan dan mengurangi pemakaian bath up. (dya/ila)

Kombis