RADAR JOGJA – Lions Club Yogyakarta Roro Jonggrang (LCYRJ) mengadakan kegiatan bakti sosial. Giat ini dalam rangka merayakan Pekan Donor Darah Nasional. Bertepatan pula dengan peringatan Hari Diabetes Sedunia, Sabtu (14/11)

Project Officer Lion Tyas Santhi Fatmasari menuturkan kegiatan ini masuk dalam agenda rutin. Tercatat ada dua program utama dalam organisasinya. Pertama adalah environment for people dan yang kedua program health of diabetes.

“Kegiatan ini kami wujudkan dalam bentuk pengambilan darah para pendonor, yang semuanya berasal dari kalangan masyarakat umum,” jelasnya, Sabtu (14/11).

Dalam kesempatan tersebut, Lions Club berhasil mengumpulkan sekitar 60 kantong darah. Untuk selanjutnya disumbangkan ke sosok yang membutuhkan. Tentunya penyaluran melalui instansi yang berwenang atas pendonoran darah.

Untuk health talk on stage terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama membahas tentang kesehatan jantung. Dengan menghadirkan pembicara dari Fakultas Kedokteran UKDW Jogjakarta, Lenggana Relung Atmadi. Sosok ini juga menjadi dokter di RS Siloam Jogjakarta.

“Intinya bagaimana menjaga kesehatan jantung dengan pola hidup yang sehat,” katanya.

Koordinator Global Service team Distrik 307 B2 Indonesia Tersierra Rosa mengatakan kegiatan donor darah berlangsung serentak di seluruh Indonesia. Tercatat ada 52 titik yang tersebar di seantero nusantara. Sekaligus menyemarakan HLI dan didukung juga oleh Kementerian Kesehatan RI.

“Saya berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan agar stok darah di DIJ bisa terjaga dan dapat dipergunakan bagi pasien thalasemia dan lainnnya,” ujarnya. (*/sky/dwi)

Kesehatan