RADAR JOGJA – Imunitas tubuh menjadi modal penting dalam menghadapi pandemi Covid-19. Inilah yang menjadi semangat Rhea Health Tone dalam mengenalkan produk-produknya. Berupa suplemen imunomodulator minyak esensial pertama di Indonesia yang berasal dari ekstrak tanaman herbal alami untuk melindungi sel tubuh dari stres oksidatif dan radikal bebas.

Berawal dari perusahaan farmasi Rhea Pharmaceutical Science asal Armenia, beragam produk sudah masuk ke Indonesia. Rhea Health Tone telah mendapatkan izin dari BPOM sebagai imunomodulator. Adapula sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia.

“Konsumen dapat membeli produk Rhea Health Tone di toko obat dan apotik terdekat, Watsons, e-commerce seperti Tokopedia, Shopee dan lainnya. Rhea Health Tone juga telah mendapatkan izin BPOM serta mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia,” jelas President Director Rhea Indonesia Ivan Wibowo Hudyana.

Ivan mengklaim produknya dapat mengurangi resiko terkena penyakit. Terutama ancaman berlipat ganda selama masa pandemi Covid-19. Tentunya dengan meningkatkan pertahanan diri dengan imunitas tubuh.

Dia mengajak agar masyarakat peduli akan kesehatan tubuh. Imunitas, lanjutnya, merupakan aset penting bagi tubuh. Apabila sakit, maka berimbas pada aktivitas sehari-hari.

“Untuk mengimbangi kebutuhan konsumen dalam melengkapi gaya hidup sehat dengan suplemen yang teruji bisa meningkatkan imunitas, maka Rhea Indonesia mulai memproduksi Rhea Health Tone di Indonesia agar memudahkan konsumen untuk mengakses produk,” katanya.

Rhea Health Tone telah uji klinis multisenter dan randomized di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Jakarta dan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin Bandung. Uji klinis bertujuan mengetahui efikasi dan keamanan penggunaan dalam pemulihan pasien Covid-19.

Hasilnya, pemberian Suplemen Rhea Health Tone Oil dapat mempersingkat masa rawat inap pasien Covid-19 gejala ringan hingga sedang. Dengan masa rawat inap maksimum yang lebih singkat. Berdasarkan data perbandingan 17 hari dengan 39 hari.

Suplemen Rhea Health Tone juga menunjukkan perbaikan parameter IL-6 dan IFN gamma. Konversi PCR dari positif ke negatif yang lebih banyak dalam kurun waktu yang sama. Status klinis subjek menjadi lebih baik terutama laju pernapasan dan pengamatan rontgen dada.

“Disamping itu, suplemen Rhea Health Tone tidak menunjukkan perubahan signifikan dari parameter SGOT, SGPT dan kreatinin, nilai perpanjangan QTc, dan jumlah Adverse Event dan SAE, sehingga penggunaannya aman untuk membantu terapi pasien COVID-19 kategori ringan dan sedang,” ujar Guru Besar Farmakologi dan Farmasi Klinik Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran Keri Lestari.

K-AI Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Alergi Imunologi Iris Rengganis turut memberikan pandangannya. Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran besar. Terutama dalam melindungi tubuh dari bakteri dan virus penyebab penyakit.

Kombinasi gaya hidup serta kondisi kesehatan juga menjadi kunci. Iris menjelaskan imunitas memiliki peran penting. Tak sekedar mengurangi resiko terkena penyakit namun juga mendukung proses pemulihan.

“Jika sistem imunitas tubuh lemah, tubuh tidak akan mampu untuk melawan berbagai mikroorganisme penyebab penyakit,” katanya.

Iris berpesan agar masyarakat mengutamakan kesehatan tubuh. Tingginya imunitas dapat menjadi modal di tengah pandemi Covid-19. Terlebih jika sudah meneruma vaksin sebanyak 2 dosis.

“Terlebih imunitas berfungsi penting sebagai garda pertama kesehatan fisik kita. Selain aktif berolahraga dan pola makan sehat, asupan suplemen yang tepat bisa melengkapi upaya kita mengoptimalkan kesehatan tubuh kita,” (om6/dwi)

Kesehatan