RADAR JOGJA-  Sekitar 520 juta orang hidup dengan PKV (Penyakit Kardiovaskular). Penyebab penyakit jantung disebabkan dari merokok, diabetes, tekanan darah tinggi dan obesitas, hingga polusi udara, dan kondisi yang kurang umum seperti penyakit Chagas dan amiloidosis jantung.

Spesialis jantung dan pembuluh darah RSUP Dr Sardjito, Dyah Wulan Anggraheni mengatakan, pihaknya menangani belasan ribu pasien dengan keluhan jantung pada semester pertama 2021.

“Sebagian besar, pasien dengan keluhan jantung ini merupakan mereka yang menderita jantung koroner. Untuk usia sendiri, penderitanya dalam rentang usia produktif yakni di atas 35 tahun. “Kebanyakan tetap jantung koroner, tapi pergeseran usianya lebih ke usia muda,” ujar Wulan.

Ketua PERKI Cabang Jogjakarta ,Irsad Andi Arso, mengatakan, di masa pandemi ini, banyak sekali pasien yang datang untuk meminta surat layak vaksin atau sekedar bertanya. Padahal, pasien penderita penyakit jantung harus didahulukan untuk vaksinasi karena juga rentan.

Untuk itu pada kondisi tertentu, penderita jantung tetap harus menjalani vaksinasi. Meskipun di lapangan, banyak kendala misalnya penderita penyakit jantung, saat baru mendaftar sudah dipotong, jangan vaksin Anda kan punya penyakit jantung.

“Belum dari pasien yang merasa tidak layak divaksin. Disinyalir juga ada sebagian karena ketakutan dan kurang pengetahuan,” katanya. (sky)

Kesehatan