RADAR JOGJA  – Masih dengan komitmen yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Sahabat Cempluk kembali menyambut peringatan Hari Lupus Sedunia pada 10 Mei. Agenda yang dilakukan dengan kampanye World Lupus Day 2021 secara virtual pada 1 Mei-10 Mei 2021, yakni Walk for Lupus 2021 Virtual dan World Lupus Day 2021 Virtual.

Penggagas Komunitas Sahabat Cempluk Ian Sofyan mengatakan, biasanya peringatan Hari Lupus Sedunia dilakukan di setiap komunitas di masing–masing daerah. Nah, maka tahun ini untuk pertama kalinya Odapus (Orang dengan Lupus) dan Odamun (Orang dengan Autoimun) dari 25 komunitas lupus dan autoimun secara serempak melakukan sebuah gerakan secara virtual.

Tahun ini, lanjutnya, Sahabat Cempluk ingin membawa konsep baru dalam perayaan Hari Lupus Sedunia. Tahun ini membawa semangat yang lebih besar dengan menggandeng berbagai entitas guna menghadirkan kolaborasi positif dalam merayakan Hari Lupus Sedunia ini.

”Selain karena kami ingin memberikan dukungan yang lebih besar kepada para pasien Odapus (Orang dengan Lupus) dan Odamun (Orang dengan Autoimun). Kami juga ingin lebih banyak pihak memiliki awareness dan kepedulian terhadap penyakit autoimun, khususnya lupus,” ujarnya, Senin (10/5).

Menggunakan tagar #bersamaodapus #makelupusvisible, Sahabat Cempluk sebagai pemrakarsa berharap kegiatan bersama ini bisa menjadi tradisi sebagai sebuah wadah silaturahmi nasional. Selain berupaya melibatkan berbagai jejaring sebagai mitra kolaborasi dalam pelaksanaannya, juga berupaya meningkatkan kesadaran bahwa penyakit autoimun tidak terbatas hanya pada penyakit lupus saja. Masih banyak jenis penyakit autoimun lainnya yang berhak mendapatkan rangkulan dari berbagai pihak.

”Sampai saat ini, kami berkolaborasi secara sinergis dengan berbagai pihak, mulai dari Sardjito Lupus Centre, IDAI Chapter Jogyakarta, hingga lebih dari 50 komunitas autoimun/lupus ataupun non autoimun/lupus. Tidak hanya itu, kami juga didukung secara penuh oleh industri, PT Kalbe Farma Tbk. Kami menyampaikan terima kasih yang sangat besar untuk seluruh pihak yang berpartisipasi,” lanjutnya.

Komunitas Sahabat Cempluk merupakan suatu komunitas yang bergerak dengan sangat konsisten dengan berbagai cara kreatif untuk mendukung para pasien Odapus (Orang dengan Lupus) dan Odamun (Orang dengan Autoimun). Walaupun memiliki basis di Jogjakarta, namun komunitas ini sebagian besar anggotanya berasal dari luar kota. Terdapat 3 pengurus inti beserta founder dan 50 volunteer yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

”Memperingati Hari Lupus Sedunia melalui Zoom Meeting yang juga disiarkan di Instagram @sahabatcempluk dan Channel Youtube Sahabat Cempluk,” ujarnya. (om3/ila)

Kesehatan