RADAR JOGJA –  RSKIA Sadewa bekerjasama dengan BKKBN Propinsi DIJ menggelar operasi MOW (KB steril) gratis, 18-20 November 2019. Acara yang diikuti 40 peserta ini merupakan bentuk CSR Sadewa sekaligus dukungan atas program pemerintah untuk menekan angka kelahiran.

“Perlu digarisbawahi, walaupun RSKIA Sadewa merupakan rumah sakit yang melayani proses kelahiran bukan berarti RSKIA Sadewa tidak pro dengan program KB. KB Steril itu penting, terlebih bagi mereka yang memiliki risiko tinggi untuk kehamilan selanjutannya,” kata Direktur RSKIA Sadewa Wiwik Lestari, Senin (18/11).

Berbeda dengan program KB biasa seperti suntik, pil, dan IUD, Wiwik mengatakan KB steril jarang dilakukan para perempuan karena sifatnya jangka panjang. Selain itu biaya untuk KB jenis ini juga lumayan mahal. “Harganya bisa Rp.3- 4 Juta,” ujarnya.

Dokter gigi ini memabahkan, selain faktor finansial, usia, kondisi medis, dan sosial bisa juga memiliki pengaruh. Perempuan diatas 40 tahun biasanya memiliki risiko tinggi terhadap kehamilan. Selain itu juga mereka yang telah memiliki riwayat penyakit tertentu serta tak ingin menambah anak lagi.

Kegiatan operasi MOW gratis ini bukanlah yang pertama kalinya di RSKIA Sadewa. Bulan Oktober lalu, RSKIA ini juga melakukan hal serupa dengan cakupan peserta yang lebih kecil. “Waktu itu hanya sekitar delapan orang,” tuturnya. (sce/met/tif)

Kesehatan