RADAR JOGJA – Gadget yang semakin canggih membuat pemakainya betah berlama-lama menggunakannya. Begitu pula untuk mereka yang bekerja di bidang digital, pasti akan berlama-lama menatap layar gadget maupun komputer. Kebiasaan ini tentu berdampak pada kesehatan mata.

Dikutip kembali dari For Her Radar Jogja, pola yang salah dalam menggunakan gadget atau komputer akan berdampak pada fungsi saraf mata yang kemudian membuat mata tidak dapat melihat dengan jelas. Menurut dokter spesialis mata dr Yunani Setyandrianna, SP.M kondisi ini bisa dialami oleh pekerja yang menghabiskan waktu berlama-lama di depan komputer.

Selama bekerja delapan jam sehari menatap komputer, rata-rata pekerja hanya beristirahat mata saat makan siang. Itu pun terkadang masih ada yang memanfaatkan waktu istirahat siang untuk bermain gawai mereka.

Dia mengatakan, mereka yang sering beraktivitas menggunakan komputer harus mengistirahatkan mata setiap dua jam sekali dengan melihat awan atau dedauan hijau yang berada di luar ruangan. Jeda waktu tersebut akan memberi pengaruh besar terhadap fungsi saraf mata agar otot-otot pada mata tidak bekerja berlebihan.

”Dengan kata lain memberi akomodasi mata yang bekerja selama dua jam sebelumnya,” jelasnya.

Dia juga menyarankan kepada para pengguna gadget atau komputer untuk memberi cahaya yang lebih saat mengoperasikannya. Bisa dengan membuka jendela atau tirai pada pagi hingga sore hari. ”Realitanya kebanyakan dari mereka malah betah berlama-lama menggunakan gadget dan komputer di tempat redup atau gelap,” ungkapnya.

Ini akan membuat mata bekerja lebih keras, selain itu paparan radiasi yang mengenai mata akan lebih banyak. Beberapa faktor itulah yang membuat masyarakat terkena gangguan mata.

Dia menganjurkan agar penderita gangguan mata mengubah gaya hidup dengan pola penggunaan gadget yang salah. Selain itu, harus mengonsumsi sayuran atau buah-buahan yang mengandung vitamin A, C, dan E.

Vitamin A sangat penting bagi asupan kebutuhan mata karena akan memberi kecerahan retina. Sedangkan vitamin C berfungsi untuk mengobati luka yang terdapat di dalam saraf mata. Kemudian untuk menjaga saraf-saraf mata akan tetap dalam kondisi baik, mata membutuhkan vitamin E. (ila)

Kesehatan