RADAR JOGJA – Asupan vitamin D dan omega-3 dapat meningkatkan kesehatan bagi jantung dan daya tahan tubuh. Salah satunya, uji coba omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan. Dilansir dari jawapos.com, minyak ikan sudah dikenal mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan. Manfaatnya baik untuk kesehatan jantung jika dikonsumsi secara rutin.

Berdasarkan penelitian terbaru mengungkapkan, asupan vitamin D dan omega-3 dalam minyak ikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dilansir dari NDTV, penelitian itu melibatkan 26 ribu orang di Amerika Serikat.

”Pola temuan menunjukkan keseimbangan yang kompleks antara manfaat dan risiko. Memang perlunya penelitian tambahan untuk menentukan individu mana yang paling mungkin mendapatkan manfaat murni dari suplemen ini,” kata Ketua Penelitian JoAnn Manson dari University of Harvard.

Para peneliti mengungkapkan, setelah lebih dari lima tahun mempelajari, hasilnya menunjukkan hal positif. Asam lemak omega-3 (minyak ikan) memang menunjukkan sedikit kebaikan tetapi tidak signifikan. Salah satunya bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Minyak ikan yang tersedia di pasaran umumnya tersedia dalam bentuk suplemen kapsul atau sirup. Minyak ikan berasal dari jaringan pada jenis ikan tertentu. Karena itu, ada baiknya sebelum membeli minyak ikan mengecek label dan sumber ikan yang terkandung di dalamnya. (jpc/ila)

Kesehatan