RADAR JOGJA – Telur menjadi menu sehari-hari yang mudah diolah, murah, dan memiliki banyak nutrisi. Telur diperkaya dengan nutrisi-nutrisi yang bermanfaat seperti protein, vitamin A, vitamin B, folat, vitamin D, dan mineral.

Tapi terkadang, mengonsumsi banyak telur juga menjadi kekhawatiran beberapa orang. Sebab, takut kolesterol. Dilansir dari alodokter.com, telur aman asalkan tidak dikonsumsi terlalu banyak. Sebagian besar kolesterol dalam telur terkandung dalam kuningnya. Sementara itu, kandungan kolesterol pada bagian putihnya tergolong rendah.

Beberapa penelitian menjelaskan, mengonsumsi telur tidak lebih dari 4-5 butir setiap minggunya masih aman bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi. Tapi, jika masih khawatir, penderita kolesterol mengonsumsi bagian putih telurnya saja.

Makanan yang baik untuk penderita kolesterol, selain mengonsumsi putih telur juga disertai dengan pola makan sehat dan asupan makanan bergizi lain. Misalnya saja, alpukat, apel, anggur, jeruk, dan stroberi. Juga sayur-sayuran, seperti bayam, sawi, timun, wortel, bawang, dan okra. (ila)

Kesehatan