SLEMAN – Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) menggelar acara pengabdian masyarakat di Balai Desa Tegaltirto, Kadisono, Tegaltirto, Berbah, belum lama ini. Kegiatan tersebut wujud dedikasi Unriyo kepada masyarakat.

Sembilan dosen, satu alumni, dan dua mahasiswa terlibat dalam acara tersebut. Mereka ditugaskan dari Program Studi D4 Bidan Pendidik, D3 Fisioterapi, dan S1 Ilmu Gizi.

“Kami melakukan penyuluhan tentang menopause dan osteoporosis. Serta pemeriksaan tekanan darah,” ujar dosen yang terlibat Nonik Ayu Wantini SST MKes

Nonik mengatakan, masyarakat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Terbukti dengan banyaknya peserta dan keaktifan warga bertanya saat penyuluhan.

“Menopause merupakan proses alamiah tubuh yang tak bisa dihindari perempuan. Berikut osteoporosis yang juga rentan terjadi pada menopause terkait hormon estrogen yang tidak diproduksi lagi oleh indung telur,” ungkap Nonik.

Selain osteoporosis, penyakit kardiovaskuler juga semakin meningkat saat menopause. Sehingga perlu pemeriksaan tekanan darah rutin. Perempuan harus siap menghadapi menopause.

Kegiatan juga diisi dengan pemeriksaan fungsi gerak tubuh bersama dr J Nugrahaningtyas WU MKes. Pemeriksaan kadar lemak tubuh oleh Natalia Desy Putriningtyas SGz MGizi.

Pemeriksaan digelar agar masyarakat tahu persentase lemak di bawah kulit. Lemak tubuh dengan cut of normal 20-30 persen pada perempuan adalah angka normal.

Kegiatan itu juga melibatkan Tim Penggerak PKK Desa Tegaltirto. Pengabdian masyarakat sesuai salah satu program pokok PKK yakni kesehatan.

Tujuannya memberdayakan keluarga agar meningkatkan kesejahteraan. Kegiatan tersebut nantinya akan melibatkan program studi lain di Unriyo dan jangkauan masyarakat lebih luas. (**/ita/iwa/by/mg3)

Kesehatan