JOGJA – Antioksidan memiliki peran tersendiri bagi tubuh. Dalam kuliah umum dengan tema Antioksidan dalam Dunia Kesehatan yang diadakan Program Studi Gizi Universitas Aisyiyah (Unisa) Jogjakarta di Hall 4 Baroroh Barried, Senin (15/10) banyak diulas tentang manfaatnya.

Hadir sebagai narasumber adalah Dr Ir Budi Setiawan, M.S. Dalam paparannya Budi menjelaskan tentang peran antioksidan dalam dunia kesehatan dan bagaimana pengaplikasianya dalam keseharian.

“Oksidasi merupakan reaksi kimia bersifat radikal bebas dan berbahaya bagi manusia, untuk itu kita memerlukan antioksidan,” ucap Budi.

Budi menambahkan, dalam studi menunjukkan bahwa jika berlebihan dalam mengonsumsi antioksidan justru sangat berbahaya, antioksidan konsentrasi tinggi dapat menjadi pro-oksidan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) Ali Imron, S.Sos, M.Fis mengatakan, dengan adanya kuliah umum ini dapat menjadikan mahasiswa lebih cerdas dan berwawasan tentang gizi dan tentunya menjadi manusia yang tercerahkan.

“Selain mahasiswa prodi gizi, dalam kuliah umum ini dihadiri oleh mahasiswa prodi lain dari FIKes Unisa,” ujarnya. (ila)

Kesehatan