SLEMAN – Satu lagi rumah sakit umum (RSU) ada di Sleman. Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Sakina Idaman ditetapkan Dinas Kesehatan Sleman menjadi RSU Kelas C.

Rumah sakit yang terletak di Jl Nyi Tjondrolukito 69, Sinduadi, Mlati ini dikukuhkan oleh Bupati Sleman Sri Purnomo Jumat malam (24/4). Ditandai penyerahan Surat Keputusan (SK) Bupati. Bersamaan dengan itu diresmikan pula gedung medik sentral yang baru selesai dibangun selama sembilan bulan.

SP, sapaan Sri Purnomo menyatakan, dengan bertambahnya RSU di Sleman dapat meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. “Jarak antara masyarakat ketika emergency tidak usah jauh-jauh mencari di mana RS terdekat. Insya Allah pelayanannya cepat dan tepat,” ucap SP.

Dia mengimbau masyarakat menggunakan fasilitas BPJS menyesuaikan tingkatannya. “Pemerintah akan berupaya membuat pelayanan kesehatan yang semakin bervariasi. Di Sleman timur direncanakan membuat RS yang lebih representatif,” kata SP.

Humas RSU Sakina Idaman Supartono Aji Handoyo mengatakan Sakina Idaman tersedia pelayanan anak, kebidanan dan kandungan, bedah, penyakit dalam, gigi, bedah mulut, penyakit saraf, penyakit THT, dan fisioterapi. “Nantinya juga akan di-launching unit HD atau Hemodialisa (cuci darah),” kata Aji.

Peresmian bertepatan dengan ulang tahun ke-23 RSU Sakina Idaman. Dmeriahkan pergelaran wayang semalam suntuk oleh dalang Ki Suwondo dan Ki Bayu Gito Gati. (cr3/iwa/fj/mg1)

Kesehatan