SLEMAN – Rumah Sakit Panti Nugroho (RSPN) yang berkarya dalam naungan suster-suster Cinta Kasih Carolus Boromeus memperingati Hari Orang Sakit se-Dunia (HOSD).

HOSD atau World Day of the Sick ini ditetapkan oleh Paus Yohanes Paulus II pada 13 Mei 1992 dan mulai dirayakan pada 11 Februari 1993. Bapa Suci menetapkan HOSD, supaya secara khusus hari itu dapat diperingati dan dibaktikan sebagai hari khusus untuk doa dan berbagi dengan orang yang sedang menderita sakit.

RSPN mengadakan acara peringatan secara rutin setiap tahun dengan mengumpulkan pasien dan keluarganya serta empat belas lansia dari Panti Sosial Tresna Wredha Abiyoso Jogjakarta di aula taman belakang kemarin.

Mereka dilibatkan secara langsung bersama para perawat dan karyawan RSPN untuk diajak refreshing dan bernyanyi bersama. Para pasien diajak untuk bernyanyi dan dihibur oleh penyanyi cilik Jogja Dominique Naura dan tim dance Gerakan Sahabat Muda (GSM) dari karyawan muda RSPN. Selain dihibur dengan nyanyian dan dance, pasien dan keluarga juga diberikan edukasi tentang senam wajah dan tangan.

“Pesan yang disampaikan dalam acara ini adalah bahwa sehat merupakan anugerah yang harus disyukuri dan dipertahankan,” kata Direktur RSPN dr Tandean Arif Wibowo MPH di sela acara.

Dia mengungkapkan, dalam keadaan sakit harus refleksi dan lebih dekat dengan Tuhan agar diberi kesembuhan. Dia juga berharap, dengan kebersamaan ini pasien bisa segera sembuh dan sehat.

Dalam kesempatan kemarin, juga diadakan misa untuk orang sakit. Sekaligus dilakukan peresmian IGD Terpadu RSPN. Rangkaian acara HOSD ini ditutup dengan pembagian suvenir bagi pasien rawat inap dan misa bagi pasien dan keluarga yang beragama Katolik. (sce/a/ila/mg1)

Kesehatan