RADAR JOGJA – Dalam rangka menjaga jalinan kerjasama dengan para mitra, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) menggelar acara Partnerships Gathering di Auditorium Koinonia, Kamis (25/9). Acara ini dihadiri oleh seluruh mitra UKDW baik dari sekolah, rumah sakit, perusahaan, media, dan lembaga keagamaan.

“Selain mempererat jalinan kerjasama selama ini, kami juga ingin memberikan apresiasi kepada para mitra yang sudah mendukung UKDW,” ujar Rektor UKDW Henry Feriadi malam itu.

Menurutnya, acara tersebut sekaligus membuka peluang kerjasama baru dengan mitra lain maupun mitra lama. Ia meminta kepada para mitra jangan sampai ada MoU yang tidur, ada kerjasama tertulisnya namun tidak ada kegiatan yang dijalankan.

Dalam acara tersebut juga disampaikan prestasi-prestasi yang sudah diperoleh UKDW selama ini serta pemutaran video profil UKDW.

“Kami ingin UKDW tidak hanya unggul secara akademik, namun juga maju di bidang kewirausahaan yang menjadi kekuatan UKDW. Oleh sebab itu kami ingin menjadi Entrepreneurial Research University,” ungkapnya.

Malam itu juga dipamerkan hasil karya mahasiswa seperti tas, lampu hias, dan kerajinan lainnya.

Disampaikan Henry, UKDW telah lama bertumpu pada riset-riset terapan yang bersinggungan dengan kebutuhan masyarakat di pelosok-pelosok Indonesia, tidak hanya menonjolkan keunggulan teknologi seperti pada umumnya visi misi perguruan tinggi.

“Mahasiswa kami langsung belajar di lapangan, memahami kebutuhan masyarakat dulu lewat program KKN satu bulan lamanya. Di desa itu nanti mereka mengetahui apa saja peluangnya, misal di bidang wisata bagaimana membuat tempat itu dikenal, bisa dibuatkan program, website, dsb. Juga bisa memberikan penemuan-penemuan baru yang bisa dimanfaatkan masyarakat,” paparnya.

Salah satu karya mahasiswa yang baru saja diluncurkan adalah HeliPOS, Online cashier and bookkeeping. HeliPOS (Point Of Sales) merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan retail, restoran, kafe, foodtruck, bakery, street food. Sehingga para pelaku usaha mandiri tidak perlu repot dengan pembukuan dan perhitungan yang rumit, cukup dicatat lewat aplikasi ini.

Saat ini UKDW menjadi salah satu PTS diantara 96 PT nasional yang sudah terakreditasi institusi A dari 4.200 kampus di Indonesia. Prodi-prodi di dalamnya juga telah mendapatkan akreditasi A dengan diikuti kualitas akademik yang cukup baik. (ita/tif)

Kampus