SLEMAN – Sebagai salah satu upaya mengembangkan kemampuan dan potensi mahasiswa serta kerja sama internasional, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) bergabung dalam komunitas d’Catch (Centralized Asian Transnational Challenges (Catch). “Ini tahun keenam kami bergabung dengan d’Catch. Komunitas ini merupakan konsersium bidang audio visual yang beranggotakan lima negara di Asia yaitu Indonesia, Tiongkok, Filipina, Thailand, dan Jepang,” ujar Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi UPNVY Panji Dwi Ashrianto saat ditemui di kampus setempat, Selasa (21/8).

Panji menjelaskan, kegiatan di d’Catch ini sangat membantu mahasiswa belajar bagaimana memproduksi sebuah video. Dari mulai proses pembuatannya, presentasi, dan kolaborasi antarnegara.
Dia menambahkan, dari keterlibatan UPNVY dalam komunitas itu mahasiswa bisa berinteraksi, berbagi pengalaman, dan menguatkan jejaring internasional, seperti menggagas penelitian, mengadakan project video bersama, atau melakukan pertukaran mahasiswa.

Selain memperluas jejaring internasional, jurusan ini juga baru saja membuka konsentrasi baru, yaitu Hubungan Masyarakat (Humas). Konsentrasi yang resmi dibuka pada tahun akademik 2018/2019 ini langsung diserbu banyak peminat dibanding konsentrasi lain, seperti public relation, jurnalistik, penyiaran, dan periklanan.
“Salah satu alasan mengapa membuka konsentrasi ini karena melihat dari kecenderungan mahasiswa memilih atau bekerja di profesi humas. Benar saja waktu dibuka pendaftar banyak yang mengisi konsentrasi ini,” ungkap Panji.
Animo pendaftar pun setiap tahun semakin bertambah, dari SBMPTN tahun ini saja ada 2.797 pendaftar. Yang diterima hanya 65 pendaftar untuk mengisi 150 kursi S1 Ilmu Komunikasi.

Dalam jurusan ini mahasiswan juga diberikan fasilitas terbaik seperti Laboratorium Strategik Public Relation, Lab Multimedia, Lab Pers, Lab Fotografi, Lab Radio, dan Lab Audiovisual. Sejumlah lab itu digunakan untuk praktik mahasiswanya. Mereka juga diajak untuk praktik di lapangan secara langsung, seperti fotografi, pembuatan video, dan sebagainya.
Jurusan ini juga telah memiliki media intern seperti radio, UPN TV, dan majalah. Selain itu jurusan ini telah memiliki jurnal publikasi resmi yang terakreditasi.

Untuk kurikulum sendiri, UPNVY mengembangkan ilmu konseptual dan kemampuan teknis yang berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Mahasiswanya diajarkan bagaimana menjadi lulusan yang profesional di bidang terkait dengan memperbanyak praktik secara teknis. Kemudian secara konseptual, mahasiswa diarahkan mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan di dalamnya. (ita/laz/mg1)

Kampus