RADAR JOGJA- Desa Ngalang memiliki potensi lahan rest area Gubug Gedhe yang potensial untuk dikembangkan menjadi objek wisata dan pusat perekonomian sebagai salah satu bagian dari konsep desa wisata sehat.

Untuk mendorong terwujudnya Gubug Gedhe sebagai salah satu objek desa wisata sehat, Tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta berupaya membantu melalui program pemberdayaan masyarakat desa Ngalang.

Program ini diusung oleh Tim PPM UAD yaitu Fatwa Tentama, Tri Wahyuni Sukesi, Subardjo, Surahma Asti Mulasari, dan Sulistyawati. Program pengabdian ini dilaksanakan mulai bulan Juli 2021 dan rencananya sampai akhir Oktober 2021 secara bertahap.

Saat ini program-program PPM yang telah terlaksana dilakukan secara daring atau online karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dan, kedepan jika situasi sudah memungkinkan program-program akan dilakukan secara offline.

Program-program awal yang diberikan difokuskan pada pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM). Program-program tersebut meliputi pelatihan leadership dan team building, pelatihan adaptasi Covid-19 dan penerapannya, pelatihan kewirausahaan, pelatihan inovasi potensi lokal, dan pelatihan pengelolaan sampah.

“Program ini bertujuan sebagai upaya untuk mewujudkan Gubug Gedhe menjadi salah satu paket dalam desa wisata sehat Desa Ngalang yang saat ini sedang diwujudkan secara bertahap dan berkelanjutan,” ujar Fatwa.

Program ini merupakan kolaborasi dari disiplin Ilmu Psikologi, Kesehatan Masyarakat, Hukum, Ekonomi, dan Teknik Informatika agar program-program yang diterapkan dapat saling melengkapi dan maksimal dalam penerapannya.

Kampus