RADAR JOGJA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) mengundang Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIJ untuk membahas persiapan ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Malang Jawa Timur, 21- 27 November mendatang. Kontingen DIJ akan berangkat ke Malang pada 20 November.

Ketua SIWO PWI DIJ Widyo Suprayogi menjelaskan, saat ini persiapan telah dilakukan secara maksimal. Mulai dari pencanangan target yang ingin diraih, pelaksanaan program latihan, seleksi hingga penentuan atlet yang akan diberangkatkan sudah disiapkan.”Kami siapkan 70 atlet dan ofisial. Kami akan berlaga di Sembilan cabor dan tiga mata lomba,” kata Widyo di Gedung KONI DIJ, Rabu (19/10).
Porwanas akan mempertandingkan 10 cabor yakni, atletik, biliar, bulutangkis, bridge, catur, tenis meja, tenis lapangan, futsal, sepak bola, dan e-sport. Cabor e-sport akan mempertandingkan nomor PES Onlin 4, PUBG, dan Mobile Legend. Selain itu, Porwanas juga menambahkan dua cabor ekshibisi yakni senam dan tenis meja bagi ibu-ibu atau Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI). Event itu juga mengadakan perlombaan bagi karya jurnalistik dan fotografi untuk mengangkat potensi daerah.

Kontingen DIJ diperkuat 62 atlet dengan rincian 17 atlet sepak bola, 12 atlet futsal, kemudian bulutangkis 4 atlet, tenis meja 5 atlet, biliar 4 atlet, catur 1 atlet, e-sport 5 atlet, atletik dengan 2 atlet, bridge 5 atlet, fotografi 1 peserta, karya tulis 1 peserta, IKWI 5 peserta. Sisanya adalah ofisial dan pelatih.Satu-satunya cabor yang tahun ini tidak diikuti kontingen DIJ adalah tenis lapangan. “Dari semua nomor lomba tersebut, kami berharap bisa mewujudkan capaian target mengulang prestasi Porwanas sebelumnya, yakni masuk peringkat delapan besar nasional,” tegasnya.
Untuk meraih target itu, Widyo mengaku, kontingen DIJ akan mengincar capaian satu medali emas, satu medali perak dan dua medali perunggu. “Kalau incaran medali kali ini masih seperti Porwanas sebelumnya,ā€¯ucapnya.

Meski menilai semua cabor memiliki peluang untuk mempersembahkan prestasi terbaik, namun Widyo melihat ada beberapa cabor yang memiliki potensi lebih kuat dalam merebut medali emas, yakni atletik, futsal, dan catur. “Untuk pesaing terberat di Porwanas tahun ini, kami rasa tuan rumah Jawa Timur adalah yang terberat. Selain itu, ada juga DKI Jakarta dan Jawa Barat,” jelasnya.
Ketua Umum KONI DIJ Djoko Pekik Irianto meminta kepada Siwo PWI DIJ untuk berusaha secara maksimal saat bertanding dan berlomba. “Harus serius, dan sungguh-sungguh saat bertanding atau berlomba di Porwanas besok. Mari kita maju dan berusaha bersama-sama untu meraih prestasi terbaik,” pesannya. (cr5/din)

Jogja Utama