RADAR JOGJA – Gubernur DIJ Hamengku Buwono X sarapan bersama Menteri BUMN Erick Thohir di Bale Kenyo Kompleks Kepatihan Jogja, kemarin (21/2). Keduanya membahas sejumlah isu termasuk Tol Solo-Jogja-Bawen dan lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), salah satunya Borobudur.
“Tadi kami bicara bagaimana ada kepastian untuk (pembangunan) tol ya. Sama kepastian untuk Borobudur,” ujar HB X kemarin (21/2) di Kompleks Kepatihan Jogja.

Pada kesempatan itu, HB X meminta kepastian pembebasan jalan tol Jogja-Bawen bagi warga yang terdampak. Diketahui saat ini pembebasan lahan sudah sekitar 92 persen dan 8 persen sisanya masih belum diselesaikan. “Pembebasan tanah maupun pelaksanaan juga menyangkut BUMN,” imbuhnya.

Sementara itu untuk program KSPN di Borobudur juga berkaitan dengan Pemprov DIJ karena apabila terealisasi akan ada prasarana pengendali kawasan banjir Yogyakarta International Airport (YIA) serta pengembangan jaringan SPAM. Oleh karena itu, kerjasama antar BUMN perlu dilakukan. “Saya nggak tahu ada benturan-benturan dengan otoritas borobudur gitu. Kepastiannya gimana karena bagi saya belum begitu jelas,” ungkapnya.

Sementara itu, Erick Thohir mengunggah foto bersama HB X di akun Instagram-nya dan mengatakan langsung kembali ke Jakarta usia bersilaturahmi dengan HB X.

“Pagi ini, bersilaturahmi dan berdiskusi bersama HB X di kantor Gubernur DIJ. Setelahnya langsung kembali ke Jakarta untuk memimpin beberapa kegiatan di Kementerian BUMN. Sehat selalu semuanya. Matur sembah nuwun,” ujarnya di postingan Instagram-nya. (cr4/bah)

Jogja Utama