RADAR JOGJA – Upaya mewujudkan polisi sebagai sosok yang humanis bagi masyarakat terus diwujudkan oleh Jajaran Polres Kulonprogo melalui program Police Go To School. Melalui Seksi Hubungan Masyarakat (Humas) instansi kepolisian di Bumi Menoreh itu mengajak siswa dan siswi di SMP N 1 Girimulyo untuk menjadi generasi milenial yang melek dengan teknologi.
Antusias. Para siswa dan siswi SMPN 1 Girimulyo, Kulonprogo tampak asyik mendengarkan paparan yang disampaikan. Apalagi materi yang diberikan tentang perkembangan teknologi. Tak jarang beberapa mengajukan pertanyaan.
Kasi Humas Polres Kulonprogo Iptu I Nengah Jeffry mengatakan, di zaman serba moden ini generasi muda merupakan kunci perubahan bagi masa depan. Terlebih lagi ke depan tantangan generasi muda juga lebih besar karena harus siap menyambut revolusi industri 4.0.
Jeffry menambahkan, pembekalan bagi generasi muda untuk lebih melek dan memanfaatkan teknologi sebaik mungkin juga menjadi hal yang sangat penting. Karena jika teknologi digunakan dengan bijak tentu hal tersebut akan membuat generasi muda lebih produktif dan kreatif.
Hal itu pula yang menjadi dasar bagi Jajaran Polres Kulonprogo untuk menggelar kegiatan Police Go To School dengan tema Generasi Millennia Yang Melek Teknologi. Dalam kegiatan yang digelar di SMPN 1 Girimulyo pada Senin (10/1) kemarin itu, polisi mengajak generasi muda agar menjadi generasi yang siap menyambut perkembangan teknologi.
“Dengan generasi milenial yang melek teknologi maka tidak hanya membuat anak-anak berkutat dengan game-game online saja, tetapi bisa lebih memanfaatkan teknologi untuk kegiatan produktif dan membanggakan orang tua, sekolah serta daerah,” ujar Jeffry kepada Radar Jogja, kemarin (13/1).
Jeffry menambahkan, ada tiga tujuan pokok dalam kegiatan Police Go To School itu yakni aktif-kreatif-inovatif. Aktif, yakni mengajak generasi muda aktif memanfaatkan media digital untuk belajar serta bijak dalam bermedia sosial maupun di ruang publik. Lalu Kreatif dalam cara berpikir menyelesaikan persoalan, kreatif memanfaatkan teknologi 4.0, serta kreatif menjadi generasi yang lebih baik. Sementra Inovatif, generasi muda diajak untuk inovatif dalam memberikan kontribusi kepada negara dengan cara berpikir out of the box.
“Anak sekarang itu diharuskan Baper, bukan bawa perasaan tapi bawa perubahan. Sebagai generasi muda juga harus berani berinovasi untuk bangsa dan berpikir kreatif untuk banggakan diri, keluarga, sekolah dan daerah,” imbuhnya.
Jeffry menerangkan, Police Go To School sejatinya bukan merupakan program baru di institusi Polri. Program tersebut menjadi upaya dari kepolisian untuk merangkul pelajar supaya terhindar dari kejahatan jalanan atau kenakalan remaja.
Di Polres Kulonprogo, Police Go To School dilaksanakan setiap hari Senin secara serentak dengan menghadirkan narasumber perwira Polres maupun di lingkup Polsek. Dalam kegiatan tersebut polisi juga membentuk kedekatan dengan anak-anak berupa pemberian coklat bagi siswa yang berani menjawab pertanyaan yang diajukan oleh narasumber. “Diharapkan dengan kegiatan ini bisa menjadikan masyarakat bahkan anak dekat dengan Polisi dan menciptakan perasaan aman dan nyaman dengan kehadiran polisi,” ujar perwira polisi kelahiran Bali itu. (inu/pra)

Jogja Utama