RADAR JOGJA – Polres Bantul menggelar Lomba Pos Kamling Tingkat Kalurahan Parangtritis 2021. Guna meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap keamanan lingkungan. Piagam kejuaraan diserahkan langsung oleh Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK.
Pos kamling yang berhasil meraih Juara I, yaitu Pos Kamling Dusun Depok. Juara II adalah Pos Kamling Dusun Mancingan. Sementara Juara III diraih Pos Kamling Dusun Grogol.
Dalam sambutannya, Ihsan menyebut, pos kamling merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat secara swakarsa. Selain itu, pos kamling jadi bentuk kepedulian warga terhadap keamanan dan ketertiban di lingkungannya. Sehingga melalui piagam turut disampaikan apresiasi dan motivasi terhadap masyarakat. “Karena sudah ikut berupaya menjaga keamanan lingkungan,” ucapnya saat Penyerahan piagam kejuaraan yang dilakukan di Pos Kamling Dusun Depok, Parangtritis, Kretek, Bantul pada Rabu malam (12/1).
Ke depan, Polres Bantul juga akan bina awak kamling di wilayah Parangtritis secara berkesinambungan. Pembinaannya dilakukan oleh Kasat Binmas Polres Bantul dan Kapolsek Kretek. Mengakhiri sambutan, Ihsan berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi desa lainnya. “Dalam menggalakkan kembali pos kamling di lingkungannya,” ujarnya.
Pada kesempatan ini juga dilakukan Pelantikan FKPM Jagasatru Parangtritis sesuai dengan Surat Keputusan Kapolres Bantul Nomor: Kep/ 89/I/kep 2022 tentang pengukuhan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Jagasatru Dusun Mancingan. FKPM diminta menjalankan perannya dengan baik. “Masalah-masalah kecil silahkan diselesaikan secara kekeluargaan dengan didampingi Bhabinkamtibmas dan Pemerintah Kalurahan setempat,” pesannya.
Hadir dalam kesempatan yang sama, Lurah Parangtritis Topo. Atas nama Pemerintah Kalurahan Parangtritis, Topo mengucapkan terima kasih pada Polres Bantul serta Polsek Kretek. Lantaran telah mengadakan pembinaan dengan menyelenggarakan lomba pos kamling.
Topo menyebut, Kalurahan Parangtritis notabene merupakan daerah wisata. Sehingga memerlukan perhatian untuk digalakkan kegiatan pos kamling. Untuk itu, pada kegiatan ini turut dihadirkan para dukuh dan ketua kelompok kamling se-Parangtritis. “Dengan harapan untuk dapat membangkitkan semangat kegiatan kamling di wilayah Parangtritis,” tuturnya. (fat/pra)

Jogja Utama