RADAR JOGJA – Sejak dibuka layanan 20 Oktober lalu, pengunjung destinasi Taman Pintar mulai bergeliat dimasa penerapan PPKM level 2. Setiap weekend, kunjungan maksimal mencapai 1.500 orang.

Kepala UPT Pengelolaan Taman Budaya, Retno Yuliani mengatakan sejauh ini kunjungannya masih pada segmentasi kunjungan keluarga. Anak dengan usia di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk dengan pendampingan orang tua yang sudah divaksin. “Kunjungan memang mulai menggeliat, tapi masih 75 persen kapasitas,” katanya kepada wartawan kemarin (18/11).

Retno menjelaskan dalam kondisi normal atau sebelum pandemi Covid-19 rata-rata kunjungan sehari berjumlah 3 ribu orang pada akhir pekan. Sementara setiap weekday, bisa mencapai 10-12 ribu kunjungan.

Setelah dibuka, layanan tersebut diklaim memang mulai bergeliat meski segmentasinya masih kunjungan keluarga. Sedangkan, selama pandemi ini kunjungan segmentasi rombongan sekolah belum terlihat. “Kalau keluarga tidak tercatat berasal darimana saja mereka, kalau rombongan sekolah asalnya, itu tercatat. Tapi kemungkinan mereka (keluarga) hanya dari wilayah DIJ saja,” ujarnya.

Adapun alur wisatawan yang datang mereka harus melakukan scan QR Code Peduli Lindungi pada pintu masuk, cek suhu, cuci tangan dan wajib memakai masker. Pun sama syarat ketentuannya bagi keluarga membawa anak di bawah usia 12 tahun. “Sejauh ini kalau wisatawan datang sudah sesuai prokes,” jelasnya.

Pihaknya telah mengantisipasi menyiapkan petugas di pintu masuk kala muncul potensi ada peningkatan kunjungan setiap akhir pekan yang lebih dari 1.500 pengunjung. Dipastikan pengunjung akan terdistribusi dengan baik. “Kami manajemen nanti masuk keluarnya ada satpam di depan yang mengatur. Tapi tidak mungkin dalam satu waktu byuk 1.500, selama ini masih terkendali,” terangnya.

Seluruh wahana di Taman Pintar tersebut dibuka kecuali segmen wahana paud barat, timur, dan air menari. Beberapa wahana ini masih ditutup menghindari potensi kerumunan yang sulit dikendalikan karena faktor masih usia dini.

Terpisah seorang pengunjung, Yulianingrum menyambut baik dengan dibukanya kembali destinasi milik Pemkot Jogja itu. Dengan begitu, terdapat alternatif tambahan untuk membawa anaknya berwisata. Selama ini baru membawanya ke destinasi Gembira Loka Zoo. Terlebih, di Taman Pintar meski ada wahana yang masih ditutup tetapi tetap bisa sembari mengedukasi anaknya yang berusia di bawah 10 tahun itu. “Jarang sih meluangkan waktu untuk belajar bersama anak, ini sekaligus mumpung ada waktu luang bisa bermain yang menyenangkan sambil anak saya memperoleh pelajaran selain keseruan permainan,” katanya. (wia/bah)
WISATA : Anak-anak tampak tengah bermain di wahana yang terdapat di Taman Pintar. Sejak dibuka di masa PPKM level 2 kunjungan masih didominasi keluarga. ELANG KHARISMA / Radar Jogja

Jogja Utama