RADAR JOGJA – Berbagai kasus kejadian yang terjadi tentu harus menjadi perhatian bagi kepala kepolisian di wilayah setempat. Hal tersebut sebagai wujud perhatian aparat untuk mengetahui kondisi keamanan wilayahnya.

Salah satu contohnya adalah kejadian kebakaran pabrik sabut kelapa di Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulonprogo pada 2 September 2021 lalu. Peristiwa itu, menjadi atensi Kapolres Kulonprogo AKBP Muharomah Fajarini dengan langsung melakukan pengecekan di lokasi kejadian.

Dikatakan Kapolres melalui Kasubbag Humas Polres Kulonprogo Iptu I Nengah Jeffry menyampaikan, peristiwa kebakaran tersebut menimpa pemilik pabrik sabut kelapa bernama Franky Marangkuptua Lumban Tobing,48. Atas kejadian tersebut korban menderita kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Adapun kronologi kejadian, terang Jeffry, bermula ketika warga sekitar melihat kobaran api dari pabrik pengolahan sabut kelapa tersebut sekitar pukul 19.00. Peristiwa itu pun disampaikan kepada pemilik pabrik lalu dilaporkan kepada petugas pemadam kebakaran.

“Api kemudian dapat dipadamkan menggunakan tiga unit damkar dan dalam kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa,” ujar Jeffry.
Dari hasil penyelidikan petugas polisi, penyebab kebakaran diduga karena adanya konsleting listrik. Sebab, selama dua minggu pabrik tersebut ditinggalkan oleh pemiliknya dengan aliran listrik yang masih menyambung pada meteran listrik.

Terlebih meteran listrik juga hanya terpasang pada tiang bambu sehingga kemungkinan mempercepat konsleting. Selain itu, banyaknya bahan yang mudah terbakar juga diduga menjadi penyebab api mudah membesar. “Dugaaan sementara kebakaran diakibatkan konsleting arus listrik,” ungkap Kassubag Humas.

Sementara itu, Kapolres Kulonprogo AKBP Muharomah Fajarini melaksanakan pengecekan tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran pabrik pengolahan sabut kelapa. Dari kejadian tersebut dipastikan tidak ada korban jiwa dan pemilik mengalami kerugian sebesar kurang lebih Rp 140 juta. Dalam pengecekan tersebut Kapolres didampingi Kapolsek Panjatan dan Tim Inavis Polres Kulonprogo. (inu/bah)

Jogja Utama