RADAR JOGJA – Tak perlu antre plus bisa menikmati udara segar di hutan. Itulah keuntungan yang diperoleh para peserta vaksinasi Covid-19 yang digelar Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) di Arboretum atau Hutan Mini Fakultas Kehutanan UGM, kemarin (23/7). Sasarannya 500 mahasiswa dari jenjang sarjana, magister, dan doktor.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kehutanan UGM Widyanto Dwi Nugroho, mengaku sengaja menggelar vaksinasi Covid-19 di Hutan Mini Fakultas Kehutanan UGM. Untuk mengingatkan kepada kita bahwa pabrik oksigen adalah hutan. “Memang kami dari Fakultas Kehutanan mengingatkan bahwa pabrik oksigen adalah hutan. Apalagi produsen oksigen sekarang banyak dicari. Jadi, kita harus merawat hutan itu agar kita bisa tetap menikmati oksigen,” tuturnya.

Rektor UGM Panut Mulyono, menuturkan kegiatan tersebut merupakan vaksinasi pertama dengan bantuan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman yang ditujukan untuk mahasiswa UGM. UGM sendiri, menurut Panut, sudah mengajukan sekitar 25 ribu vaksin kepada Kemenkes.

Menurutnya, dipilihnya Fakultas Kehutanan UGM karena banyak mahasiswanya yang melakukan aktivitas secara mobile dan akan diikuti oleh fakultas-fakultas lain. “Fakultas Kehutanan kan mahasiswanya mobile, di luar, jadi harus aman sehingga pak dekan punya inisiatif lebih awal,”kata Panut. (aga/pra)

Jogja Utama