RADAR JOGJA – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, melakukan penyerahan hadiah lomba perpustakaan sekolah dan desa/kelurhahan. Perpustakaan SMAN 1 Sedayu kategori sekolah dan perpustakaan Banyurejo, Banyurejo, Tempel, Sleman kategori desa/kelurahan menjadi juara tingkat provinsi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, Monika Nur Lastiyani mengatakan dengan munculnya pemenang di tingkat provinsi ini, nanti mewakili DIY maju ke tingkat nasional. Finalnya akan dilaksanakan bulan Agustus. Sementara penetapan pemenang dilaksanakan pada bulan September mendatang. “Ke tingkat nasional sudah ada juknisnya, kalau sudah ada pemenang di tingkat DIY akan mewakili ke tingkat nasional,” katanya usai Penyerahan Hadiah Lomba di Perpustakaan Ghratama Pustaka Jalan Raya Janti, Kamis (3/6).

Diharapkan dua pemenang tersebut memiliki kesiapan untuk maju ke tingkat nasional. Namun, tidak serta merta pihaknya tetap akan membantu dengan mendorong melakukan pembinaan terkait dengan lomba ke tingkat nasional tersebut. “Tapi yang jelas kami tidak akan melepaskan begitu saja, tetap ada pembinaan,” ujarnya.

Monika menjelaskan dua pemenang lomba perpustakaan kategori SLTA dan umum desa/kelurahan itu memiliki keunggulan masing-masing. Ada 6 aspek indikator yang menonjol yaitu dari sisi inovasi untuk mengembangkan potensi mereka sehingga perpustakaan menjadi ikon di wilayah masing-masing.

“Karena kalau kami melihat apakah perpustakaaannya baik atau beluk, pasti semuanya sudah baik. Jadi keunggulannya ada pada inovasi,” jelasnya.
Dicontohkan, di pepustakaan SMAN 1 Sedayu memiliki keunggulan dengan menampilkan peran perpustakaan sebagai sarana untuk memberikan pembelajaran secara daring kepada siswa. Perpustakaan mempunyai peran yang lebih dalam bidang IT sehingga anak-anak bisa belajar daring dengan lancar.

“Paling tidak apa yang kemarin menjadi penilaian kami bahwa masih ada beberapa kelemahan bisa kita dorong, kita prbaiki sehingga tampil lebih cantik lah,” terangnya.

Para juara lomba perpustakaan sekolah diantaranya, juara I dimenangkan oleh perpustakaan SMAN 1 Sedayu, Bantul. Juara II oleh perpustakaan SMKN 3 Jogja, Juara III oleh perpustakaan SMAN 2 Playen. Serta juara harapan I oleh perpustakaan SMKN Pajangan, dan juara harapan II oleh perpustakaan SMKN Ngawen.

Sementara, juara lomba perpustakaan umum desa/kelurahan dimenangkan oleh perpustakaan Banyurejo, Banyurejo, Tempel, Sleman. Juara II dimenangkan oleh perpustakaan Guntur Berdaya, Gunungketur, Pakualaman, Kota Jogja. Juara III dimenangkan oleh perpustakaan Indika, Sambirejo, Ngawen, Gunungkidul.

Sedangkan juara harapan I dimenangkan oleh perpustakaan Cemerlang, Ngawu, Playen, Gunungkidul. Dan juara harapan II oleh perpustakaan Sidodadi, Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo. (*/wia)

Jogja Utama