RADAR JOGJA – Setelah libur Lebaran, objek wisata Taman Sari, kompleks Keraton Jogjakarta, mulai ramai dipadati wisatawan. Pantauan Radar Jogja kemarin (27/5), kendaraan pelat luar DIJ mendominasi kawasan parkir tempat wisata tersebut.

Pengelola wisata Taman Sari, Nikolas Ardianto mengatakan, sejak pagi hingga siang ada seribu wisatawan yang berkunjung di Taman Sari. Mereka wajib menerpakan protokol kesehatan (prokes) dan antri.

Pada hari normal, kunjungan mencapai 900 wisatawan. Sedangkan pada masa wekeend bisa mencapai 1.200 wisatawan. “Prokesnya dengan sistem gruping,” ujar pria yang akrab disapa Niko ditemui di Taman Sari kemarin.

Wisatawan, dibagi grup lima orang sampai 15 orang untuk satu grupnya. Masing-masing mendapat pemandu lokal, untuk berkeliling. Mereka, wajib menjaga jarak dan masker maksimal. ”Ddurasi di dalam obwis hanya lima menit saja,” terangnya.

Dijelaskan, mayoritas yang berkunjung dari luar daerah seperti kota Semarang, Solo, Klaten, Magelang dan Purbalingga.

Salah satu pengunjung asal Purbalingga, Jawa Tengah, Viko Eli Widodo mengatakan, dirinya datang ke obwis bersama enam orang temannya. ”Niatnya piknik memanfaatkan libur tanggal merah sejak Rabu, sampai sekarang sekalian,” katanya.

Dia terangnya, datang jauh-jauh dari Purbalingga untuk menikmati sejumlah tempat wisata yang ada di DIJ. Bebeberapa tempat wisata yang telah dikunjungi yakni, sejumlah pantai di Gunung Kidul dan Keraton. ”Malamnya akan ke Malioboro,” terangnya.(cr1/bah)

Jogja Utama