RADAR JOGJA – Perkembangan teknologi yang semakin maju, dapat memudahkan segala bidang. Termasuk proses demokrasi pemilihan lurah yang kini telah menggunakan aplikasi elektronik.

Sekertaris kalurahan Gunawan mengatakan, sebanyak 16 padukuhan mengikuti sosialisi mengenai sistem e-voting, Selasa (25/5). Nah, yang mendapat giliran adalah yakni padukuhan Ngetiran,Wonorejo dan Tegalrejo.

Sebanyak 47 perwakilan perangkat desa, dan perwakilan pergerakan kepemudaan, hadir mengikuti sosialisasi, hari ini. “Semua yang hadir akan kembali mengajarkan kepada warga.” ujar Gunawan.

Tim teknis utama pelatihan e-voting, Ristohadi menjelaskan, persiapan pilihan lurah yang akan pada Agustus, menggunakan berbasis teknologi. ”Hal tersebut dapat memberikan efisiensi waktu dalam perhitungan suara,” terangnya.

Selain efisiensi waktu, penggunaan e-voting dinilai, lebih praktis dan ekonomis. Warga, hanya cukup menekan gambar pilihan yang ada di panel, tanpa perlu coblosan seperti biasanya. “Mendukung program Sleman Smart Regency, dari pemkab,” terangnya. (Cr1/bah)

Jogja Utama