RADAR JOGJA – Lagu kebangsaan Indonesia Raya akan sering didengar masyarakat DIJ. Pemutaran lagu Indonesia Raya di ruang publik dimulai pada Kamis (20/5), bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. For You Indonesia bersama Keraton Jogjakarta, Kadipaten Pakualaman serta DIJ serentak mencanangkan gerakan Indonesia Raya Bergema di DIJ.

Lagu kebangsaan ini akan diperdengarkan pada pukul 10.00 WIB. Diawali di Gedung Pracimosono Kompleks Kepatihan, Bangsal Mandalasana Keraton Jogjakarta, Kadipaten Pakualaman dan Pasar Beringharjo. Lagu ini ke depan juga akan diperdengarkan setiap hari di instansi, dinas-dinas terkait dan DPRD, BUMD dan BUMN hingga sejumlah intansi swasta, pusat perbelanjaan, kawasan wisata dan lainnya.

“DIJ mempelopori gerakan indonesia Raya bergema ini,” ujar Panitia Gerakan Indonesia Raya Bergema Forum Rakyat Yogya Untuk Indonesia (For You Indonesia), Widihasto Wasana Putra di Kompleks Kepatihan kemarin (17/5).

Menurut Widihasto, gerakan Indonesia Raya Bergema merupakan kampanye berkelanjutan untuk mengajak semua elemen masyarakatt mengumandangkan Indonesia Raya secara terus menerus setiap hari pukul 10.00 di ruang publik.
”Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya menggelorakan nasionalisme rakyat dan menjaga NKRI berdasarkan Pancasila,” terangnya.

Pemilihan pukul 10.00 WIB mengacu pada peristiwa detik-detik Proklamasi. Momentum Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei dipilih sebagai bentuk revitalisasi spirit kebangkitan nasional dari peristiwa lahirnya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.

Kepala Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIJ, Imam Pratanadi menjelaskan, pihaknya tengah menyiapkan surat edaran (SE) gubernur terkait gerakan Indonesia Raya Bergema tersebut. SE tersebut akan disampaikan ke kabuten/kota untuk ditindaklanjuti. “Dengan SK gubernur ini, lagu Indonesia Raya bisa diperdengarkan di kabupaten/kota hingga ke tingkat bawah setiap harinya,” ungkapnya.

Gubernur DIJ, Hamengku Buwono X rencananya mencanangkan gerakan tersebut disertai dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh korps musikan di Bangsal Mandalasana Kraton Jogjakarta. “DIJ akan selalu mendukung dan menopang keutuhan dan kejayaan NKRI berlandaskan Pancasila,” tandasnya.(kur/bah)

Jogja Utama