RADAR JOGJA – Biro Bina Mental Spiritual Setda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) DIY menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Daerah XXVI DIY Tahun 2021.

STQ mengusung tema ‘Nilai Qurani, Modal Membangun Harmoni dalam Pluralitas Yogyakarta Sebagai Kota Toleransi’. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari di gedung Radyo Suyoso Bappeda DIY kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Jumat ( 9/4 ) dan Sabtu (10/4).

Jalannya acara dibuka Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Tri Saktiyana yang datang mewakili gubernur DIY.
Dalam sambutannya Tri ingin STQ Daerah XXVI DIY ini dapat membentuk kader-kader bangsa berjiwa Qurani. Menuju keadilan dan kesejahteraan lahir batin. “Di tengah masyarakat DIY yang beragam baik secara religius maupun kultural,” kata Tri.

Menurut dia agama tak hanya dipelajari. Namun agama harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dikatakan, STQ merupakan bagian dari pembinaan mental spiritual melalui fasilitasi festival keagamaan bagi umat muslim.

Tujuannya, meningkatkan gairah membaca, menghafalkan serta mentadabbur isi dan kandungan Alquran. “Demi menciptakan generasi qurani yang handal dan berprestasi,” tegasnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, STQ kali sengaja dipusatkan di lingkungan kompleks Kepatihan. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19. Pelaksanaannya juga berjalan relatif sederhana.

Salah satu Panitia STQ Daerah XXVI DIY Nizam Zulfikar menambahkan, ada 10 cabang yang dilombakan. Yakni Tilawah Alquran Dewasa, Tilawah Alquran Anak dan Hifzhil Quran 1 Juz
Kemudian Hifzhil Quran 5 Juz, Hifzhil Quran 10 Juz, Hifzhil Quran 20 Juz serta Hifzhil Quran 30 Juz. Selanjutnya, Tafsir Alquran, Musabaqah 100 Hadis Nabi, dan Musabaqah 500 Hadis Nabi.

Selama acara, masyarakat cukup antusias mengikuti STQ tersebut. Meski demikian, dia mengakui ada beberapa nomor masih kesulitan dalam hal pembibitan. Terutama nomor-nomor perlombaan baru. Di antaranya Musabaqah 500 Hadits Nabi.
“Beberapa nomor punya tantangan sendiri,” ujar birokrat yang sehari-hari staf di Bagian Keagamaan Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY ini.

Para pemenang STQ Daerah XXVI DIY akan dikirim menuju MTQ Nasional. Ajang bergengsi itu direncanakan berlangsung di Maluku Utara pada Oktober mendatang (kur/kus)

Jogja Utama