RADAR JOGJA – Penggunaan GeNose C19 untuk syarat pemberangkatan kereta berpengaruh pada pengguna rapid test antigen. Kini tarif rapid test antigen turun. Mulai hari ini (9/4) berlaku dengan tarif baru yaitu Rp 85 ribu.

Manager Humas PT KAI Daop 6 Jogja Supriyanto mengatakan, meski sudah ada layanan pemeriksaan GeNose yang lebih murah dan cepat. Rapid test Antigen masih banyak peminatnya dari penumpang KA. “Rapid tes antigen di stasiun masih banyak peminatnya. Mungkin perusahaan masih pakai rapid tes antigen,” katanya disela meninjau pelaksanaan Rapid Test Antigen gratis di Stasiun Lempuyangan bagi calon penumpang Kamis (8/4).

Supriyanto menjelaskan sebelumnya tarif rapid test antigen ini berlaku tarif Rp 105 ribu untuk setiap kali pemeriksaan. Penurunan tarif ini di stasiun yang melayani pemeriksaan rapid test antigen se Daop 6 Jogja meliputi Stasiun Tugu Jogja, Lempuyangan, dan Solo Balapan. “Syaratnya masih sama karena khusus calon penumpang KA yaitu sudah memiliki kode booking KA jarak jauh,” ujarnya.

Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 27 Tahun 2021, masa berlaku hasil negatif rapid test antigen, PCR ialah 3×24 jam sejak dilakukan pengambilan sampel. Dan GeNose berlaku 1×24 jam. “Dan tidak mengenal hari libur panjang kayak kemarin, kan libur panjang atau keagamaan dibatasi 1×24 jam sekarang nggak,” jelasnya.

Seorang calon penumpang, Khairunnisa merasa terbantu dengan layanan pemeriksaan rapid test antigen secara gratis itu. Terlebih, sebagai mahasiswa tidak menambah pengeluaran untuk membawa hasil tersebut sebagai syarat perjalanan kereta api. “Mau tujuan ke Jakarta, terbantu sekali ya apalagi saya mahasiswa yang pas-pasan tidak nambah pengeluaran,” katanya.

Menurut dia, tidak merasa keberatan dengan syarat membawa surat bebas Covid-19 tersebut karena untuk menjaga kesehatan dan keamanan bersama. Dalam masa pandemi, melakukan perjalanan luar kota tanpa surat hasil negatif Covid-19 menjadi kurang aman dan menimbulkan kekhawatiran. “Walaupun berbayar jadi merasa tenang ternyata yang di dalam kereta semua sudah terjamin sehatnya. Apalgi ada program gratis ini saya terima kasih,” tambahnya. (wia/pra)

Jogja Utama