RADAR JOGJA – PSIM Jogja sudah kembali melakoni latihan sejak pekan lalu. Program latihan diberikan untuk mengembalikan kondisi fisik penggawa Laskar Mataram -julukan PSIM. Maklum mereka sudah diliburkan cukup lama karena vakumnya kompetisi Liga Indonesia.

Pelatih PSIM Seto Nurdiyantara mengatakan, latihan yang diikuti sebanyak 20 pemain itu berjalan baik. Para pemain juga antusias melahap menu latihan yang diberikan. “Hanya aktivasi tapi juga ada sedikit game sambil melihat perkembangan pemain, tapi pada intinya hanya aktivasi saja,” kata Seto, Selasa (6/4).
Yang pasti, kata pelatih asal Kalasan, Sleman itu, secara bertahap tim pelatih akan terus memantau perkembangan fisik. Juga kemampuan individual para pemain yang bergabung dalam sesi latihan reguler. “Kemarin kami sudah coba tes fisik. dan ini kami coba refresh bagaimana biar pemain tahu, juga di fisik sedikit endurance,” jelas pelatih berlisensi AFC Pro itu.
Pelatih Fisik PSIM Asep Ardiansyah menambahkan, dari tes fisik yang digelar Sabtu (3/4) lalu, hasilnya tak ada penurunan drastis yang dialami pemain. Artinya, tidak ada masalah khusus dalam hal fisik. “Datanya menunjukkan masih dalam tahap wajar, tidak turun banget. Persiapan kali ini kurang lebih tiga bulan kami akan perbaiki dan tingkatkan semua yang berkaitan dengan fisik,” beber Asep.
Di sesi latihan yang digelar di Lapangan Kenari, Kota Jogja Selasa pagi (6/4) juga diikuti satu pemain anyar. Dia adalah eks kapten Sriwijaya FC Firman Septian. Penyerang 32 tahun itu mengungkapkan alasan hijrah ke Jogja karena PSIM merupakan tim yang sangat serius menjalin komunikasi dengannya. “Semoga saya bisa cepat beradaptasi karena kan selama ini latihan mandiri jadi beda kalau latihan secara tim,” paparnya.
Saat ini tim kebanggaan Brajamusti dan The Maident itu sudah mendatangkan sejumlah nama. Mereka adalah, Sugeng Effendi, dan Heru Setyawan (eks Persela Lamongan), Jodi Kustiawan, Ilham Irhaz (eks Persijap Jepara), kiper Imam Arief Fadillah (eks Sriwijaya FC), Akbar Tanjung, Ahmad Ihwan (eks Badak Lampung FC), Arbeta Rockyawan (eks PSCS Cilacap), Dadang Tri, Savio Sheva, Hendika Arga Permana, dan Aditya Putra Dewa.
Sementara itu, sebelumnya ada tujuh pemain lama yang resmi diperpanjang kontraknya. Mereka adalah Yoga Pratama, Yudha Alkanza, Nanda Nurrandi, Sunni Hizbullah, Benny Wahyudi, Purwaka Yudhi, dan Achmad Subagja Baasith. (ard/pra)

Jogja Utama