RADAR JOGJA – Kemajuan perguruan tinggi (PT) sangat ditentukan oleh sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. SDM juga menjadi unsur penting dalam kaitannya dengan akreditasi PT, sehingga kualitas SDM di lembaga pendidikan harus terus ditingkatkan.

Demikian disampaikan Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) dalam acara penyambutan doktor baru di lingkungan UWM, di Ruang Sidang Rektorat, Senin (15/3).

Penyambutan doktor baru dilaksanakan untuk mengapresiasi dua dosen di UWM yang berhasil meraih gelar doktor yakni Dr. AS Martadani Noor, MA (Dosen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UWM) dan Dr. Kelik Endro Suryono, SH., M.Hum (Dosen Fakultas Hukum UWM). Keduanya berhasil menyelesaikan kuliah S3 dan merupakan dosen bergelar doktor ke-8 dan ke-9 di kampus UWM. Acara ini diikuti jajaran pimpinan universitas dan pimpinan fakultas serta dihadiri Pengurus Yayasan Mataram Yogyakarta.
“Acara ini menjadi tradisi di UWM sebagai bentuk apresiasi kepada dosen yang telah meraih gelar doktor,” ucap Prof Edy.

Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) periode 2008-2009 itu menjelaskan, mustahil suatu PT dapat meraih kemajuan jika SDM terbatas. SDM menjadi representasi kualitas suatu lembaga, sehingga pimpinan harus menstimulus para dosen untuk terus meningkatkan kualitas akademiknya. Harapannya, usai meraih gelar doktor tersebut, tetap menulis dan menghasilkan karya.

“Jangan seperti filosofi pohon pisang yang setelah berbuah lalu mati. Tetaplah rendah hati seperti jagung, meskipun buah dan bijinya banyak, namun tidak pamer, tetap menutupi kelebihannya dan orang lain merasakan manfaatnya. Jadilah insan dengan gelar akademik tertinggi serta memiliki kemampuan dan produktif dalam karya akademik namun tidak menyombongkan diri. Setelah pencapaikan doktor, selanjutnya harus ditargetkan untuk pencapaian Guru Besar,” papar Anggota Parampara Praja Pemprov DIY itu.

Inge Gunawan, SE., M.Si Pengurus Yayasan Mataram Yogyakarta mengungkapkan, turut memberikan apresiasi atas capaian doktor dua dosen UWM tersebut. Menurutnya, pembaruan dan perubahan SDM merupakan the most important things yang harus dilakukan oleh institusi maupun organisasi. Revolusi industri 4.0 harus dibarengi dengan perubahan dan peningkatan SDM.

Di samping pencapaian akademik, pengembangan dan branding diri juga menjadi bagian penting yang harus dilakukan dosen di UWM sehingga kampus UWM semakin dikenal masyarakat. “Setiap dosen UWM harus mengejar profesionalisme, excellence dan integrity. Mari bersama-sama bergerak membenahi SDM karena SDM merupakan tulang punggung lembaga,” ajak Inge.

Secara simbolis, kedua doktor baru UWM itu juga menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Rektor UWM dan Pengurus Yayasan Mataram Yogyakarta. (sce/bah)

Jogja Utama