RADAR JOGJA – Kelompok sasaran pedagang Pasar Beringharjo, pedagang kaki lima dan pekerja sektor informal Malioboro bakal disuntik dosis kedua pada pekan depan. Sebelumnya, merema telah mendapatkan vaksin dosis pertama dalam vaksinasi masal pada 1-6 Maret 2021.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja Lana Unwanah mengatakan, sasaran pelayan publik itu akan divaksin dosisi kedua secara masal pada Senin hingga Sabtu (15-20/3). Dengan tempat yang sama di Pasar Beringharjo lantai 3, Benteng Vredeburg, dan Taman Parkir Abu Bakar Ali. “Vaksinasi dosis kedua dilakukan secara masal untuk memudahkan akses dan tidak mengganggu layanan di puskesmas,” kata Lana Jumat (12/3).

Lana menjelaskan ketentuan peserta vaksinasi masal dosis kedua harus sudah mendapatkan penyuntikan vaksin Covid-19 dosis pertama. Maka, peserta vaksin masal dosis kedua ini harus membawa KTP dan kartu vaksinasi atau imunisasi Covid-19 yang telah diberikan saat vaksinasi dosis pertama. “Peserta vaksinasi masal yang sudah mendapat suntikan pertama harus datang di vaksinasi dosis kedua sesuai jadwal vaksin pertama,” jelasnya yang menyebut vaksinasi masal dosis kedua dilayani sejak pukul 08.00-16.00.

Adapun, ketentuan penyuntikan dosis kedua ini setelah 14 hari dari penyuntikan dosis pertama untuk usia 18-59 tahun. Sedangkan, penyuntikan dosis kedua untuk peserta usia 60 tahun ke atas atau bagi lanjut usia yaitu setelah 28 hari dari penyuntikan dosis pertama yang akan dilaksanakan pada Sabtu (3/4) mendatang di Benteng Vredeburg. “Kami siapkan vaksinator pada penyuntikan dosis kedua ini sebanyak 1.564 orang,” tambahnya.

Dia menyebut jumlah vaksin Covid-19 untuk vaksinasi masal dosis kedua disesuaikan dengan realisasi capaian vaksinasi massal dosis pertama. Pun dalam vaksinasi masal dosis kedua ini juga tidak melayani warga yang mendapat undangan vaksinasi masal dosis pertama yang tidak hadir sesuai jadwal suntikan. “Tidak bisa karena ketentuan vaksinasi massal dosis kedua, harus sudah mendapatkan penyuntikan dosis pertama,” imbuhnya.

Sebelumnya Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan total ada 19.200 orang yang terdaftar dalam calon penerima vaksin dalam vaksinasi massal bagi pedagang Pasar Beringharjo, PKL dan pekerja informal Malioboro pada 1-6 Maret 2021. Tetapi yang akhirnya datang sebanyak 17.240 orang atau 89,79 persen dan yang divaksinasi mencapai 16.364 orang atau 85,18 persen. (wia/pra)

Jogja Utama