RADAR JOGJA – Ketua DPD PAN Kota Jogja periode 2020-2025 Arief Noor Hartanto menyatakan dukungannya kepada Heroe Poerwadi untuk menjadi Wali Kota Jogja. DPP PAN sendiri sudah merekomendasikan HP menjadi calon Wali Kota Jogja dalam pilkada berikutnya.

“Menyongsong kontestasi pilkada nanti, kami menilai tidak ada figur yang lebih siap mendapatkan amanah selain Heroe Poerwadi,” kata Arif Noor Hartanto saat pelaksanaan Musda V DPD PAN Kota Jogja yang digelar secara virtual, Minggu (23/1). Dalam Musda, pria yang akrab disapa Inung itu menggantikan ketua dua periode sebelumnya, HP.

Oleh DPP PAN, HP juga didaulat menjadi Ketua Majelis Pemusyawaratan Partai (MPP) DPW PAN DIJ. Menggantikan Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi. Inung menegaskan, target DPD PAN Kota Jogja untuk pilkada berikutnya adalah Wali Kota Jogja. “Target kami maksimal, jadi wali kota,” tegasnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD DIJ itu menambahkan, saat ini tengah menunggu kepastian pelaksanaan pilkada berikutnya. Karena masih ada gugatan di Mahkamah Konstitusi, untuk pelaksanaan pilkada di 2022 atau tetap 2024. Menurut dia, jika dilaksanakan di 2022 ada keuntungan, karena pelaksanaan pilkada yang tidak terlalu lama jaraknya dengan masa jabatan HP, yang saat ini menjadi Wakil Wali Kota Jogja. “Tapi kalau 2024 kami tetap siap bekerja keras,” tegasnya.

Inung sendiri, sebelumnya sempat mencalonkan diri menjadi Wali Kota Jogja untuk Pilkada 2017 lalu. Tapi di tengah jalan, dia menyatakan mundur dari proses pencalonan. Hingga akhirnya Ketua DPD PAN Kota Jogja saat itu HP yang terpilih menjadi calon Wakil Wali Kota mendampingi Haryadi Suyuti.
Ketika dikonfirmasi HP masih malu-malu terkait pencalonannya menjadi suksesor Haryadi Suyuti. Tapi HP mengakui, sudah ada rekomendasi politik dari DPP PAN untuk dirinya maju sebagai calon Wali Kota Jogja. “Kalau saya, ya semoga siaplah, kami menunggu rekomendasi-rekomendasi. Kalau rekomendasi politik sudah keluar untuk saya,” katanya.

Mantan wartawan itu pun menyebut, saat ini yang penting bagi DPD PAN Kota Jogja untuk mempersiapkan diri. Baik untuk pelaksanaan pilkada maupun pemilu. Dia pun berpesan supaya DPD PAN Kota Jogja bisa memperluas sayap dan jaringan partai. “Supaya bisa lebih siap di pemilu nanti,” ungkapnya.
Inung sendiri sudah menyatakan targetnya. Selain menjadikan HP sebagai Wali Kota Jogja, juga menargetkan perolehan delapan kursi di DPRD Kota Jogja pada pemilu 2024 nanti. Dalam pemilu 2019 lalu, di DPRD Kota Jogja PAN memperoleh enam kursi dan satu kursi di DPRD DIJ.

Sementara itu Sekretaris DPD PAN Kota Jogja Rifki Listianto menambahkan, pelaksanaan Musda V DPD PAN Kota Jogja kali ini digelar berbeda. Karena untuk pemilihannya menggunakan metode formatur. Terdapat tujuh orang yang mendaftar dan dipilih oleh DPP PAN empat sebagai formatur. Hasilnya terpilih empat orang formatur dan Inung ditetapkan sebagai Ketua DPD PAN Kota Jogja. Sedang HP menjadi Ketua MPP DPW PAN DIJ serta calon Wali Kota Jogja. “Semua sudah menyepakati dan siap menjalankan tugas,” kata anggota DPRD Kota Jogja itu. (pra)

Jogja Utama