RADAR JOGJA – Untuk menjaga kualitas vaksin Sinovac tetap baik saat vaksinasi nanti, personel kepolisian menjaga ketat. Termasuk saat mulai tiba di DIY hingga penyimpanan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan DIY.

Pada tahap pertama, Jogjakarta mendapatkan 26.800 vaksin Covid-19. Sementara total yang diterima sebanyak 2.605.179 vaksin dalam empat tahapan. Pengamanan ketat dilakukan sejak pengiriman dari gudang PT Bio Farma Bandung Jawa Barat. Melibatkan dua kendaraan taktis milik Brimob. Sementara untuk pengawalan dilakukan oleh jajaran Ditlantas Polda DIY.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yulianto mengatakan, Polda DIY mulai hari ini melaksanakan pengamanan terhadap vaksin Covid-19. “Pengawalan dilaksanakan dr jakarta oleh Korlantas Mabes Polri dan Brimob kemudian disambut oleh personel dari Dirlantas Polda DIY di perbatasan Klaten-Sleman,” jelasnya Selasa (5/1).

Perwira menengah melati tiga ini memastikan proses pengawalan berlangsung lancar. Tidak ada kendala yang ditemui selama perjalanan. Baik dari Bandung Jawa Barat maupun selama penjemputan di wilayah perbatasan.

Untuk selanjutnya pengamanan Gudang Farmasi dilakukan oleh Sat Brimob Polda DIY. Tak diperbolehkan sembarang orang masuk ke area gudang penyimpanan. Adapula patroli ring terluar oleh jajaran Polsek Tegalrejo dan Polresta Jogja. Pengamanan berlangsung hingga seluruh vaksin telah sampai di Jogjakarta. “Untuk kekuatan, kami menurunkan personel yang cukup untuk mengamankan gudang vaksin Covid-19 ini,” katanya. (dwi/pra)

Jogja Utama