RADAR JOGJA – Jajaran kepolisian DIJ melakukan pemantauan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang digelar Rabu (9/12).
Wakapolda Kombes Pol Raden Slamet Santoso memantau di wilayah Bantul, Irwasda Kombes Pol Adi Wibowo memantau di Gunungkidul. Sedangkan Kapolda Irjen Pol Asep Suhendar, memantau wilayah Sleman.

“Hasil pantauan kondusif. Pemilih datang bergantian ke TPS sehingga tidak terjadi kerumunan,” ungkap Kabid Humas Polda DIJ Kombes Pol Yulianto saat melakukan pemantauan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 36, Dusun Blunyah Gede, Sinduadi, Rabu (9/12).

Disebutkan, Di Kabupaten Sleman, pemantauan dilakukan di lima titik. Yakni, TPS 77 Tambakbayan, Caturtunggal. TPS 5 Gejayan, Demangan. TPS 5 Manggung, Caturtunggal. TPS 36 Bluyah Gede, Sinduadi dan TPS 9 Wonorejo, Sariharjo. “Disini pantauan ke empat,” ucapnya.

Pemantauan di TPS 36 ini karena terletak di pinggir Jalan Monjali. Disisi lain, merupakan TPS tempat Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun (Cabup nomor urut 2) memberikan hak suara dalam pilkada. Namun demikian, Yuli memastikan pemilihan TPS yang dipantau merupakan hasil pilihan acak. Bukan karena faktor apapun.

“Lokasi yang diambil sampel saja. Bukan karena faktor apapun dan tidak ada perhatian khusus,” pungkasnya.

Sebelumnya, patroli jelang Pilkada juga dilakukan pada Selasa malam (8/12). Dan terus berlanjut hingga proses pilkada selesai. Patroli ini untuk memastikan suasana Pilkada aman juga terkait pelaksanaan protokol kesehatan. “Ya, semua aman. Taat prokes,” ucap Kapolda Irjen Pol Asep Suhendar didampingi Kapolres Sleman AKBP Anton Firmanto usai pemantauan, Rabu (9/12). (mel/bah)

Jogja Utama