RADAR JOGJA – Dalam rangka menuju Apresiasi Duta GenRe Indonesia 2020, Putra Anwar Maulana Sidik dan Putri Dhella Rezki Legynia Putri menjadi perwakilan Duta GenRe Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2020. Anwar Maulana Sidik dan Dhella Rezki Legynia memaparkan progam-progamnya di kantor Radar Jogja, Rabu (18/11).

Anwar menjelaskan mengenai maskot dan penamaan dari Babang dan Cana. Nama tersebut, diambil dari Bangga Kencana, yang merupakan program rebranding dari BKKBN.

Selain itu Babang dan Cana juga mengenakan baju Abdi Dalem khas Daerah Istimewa Yogyakarta, yang hal ini bermaksud Babang dan Cana selalu siap untuk mengabdi dalam mensosialisasikan program GenRe pada Remaja.

Selain inovasi bersama, terdapat inovasi individu dalam mensosialisasikan program GenRe, seperti #GenReMenulis yang digagas oleh Putra Anwar Maulana Sidik. “Hal ini didasari karena dengan menulis bukan hanya tangan saja yang bekerja, namun fungsi otak juga akan bekerja sehingga dapat memperkuat daya ingat.”

Sementara Dhella juga menggagas inovasi yang tak kalah menariknya. Yakni dengan menciptakan Masker Gendong Berencana (Mas GenRe). Masker ini terbuat dari bahan kain gendong yang biasa digunakan oleh ibu yang menggendong anaknya.

Dia berharap Mas GenRe menjadi wadah sosialisasi pendewasaan usia perkawinan (PUP) bagi remaja. Dengan pesan yang disampaikan supaya remaja tidak menggunakan kain tersebut untuk menggendong anak. ”Tetapi dapat dijadikan kreatifitas masker yang sedang dibutuhkan saat ini,” Ujar Dhellla. (mg3/bah)

Jogja Utama