RADAR JOGJA – Untuk  pertama kalinya, Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) DIJ akan menggelar pameran secara virtual bertajuk Jogja Premium Export 2020 Virtual Expo. Acara yang tayang mulai Kamis (15/11) hingga Minggu (15/11) ini menampilkan produk-produk kreatif berkualitas ekspor dari wilayah DIJ.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIJ Aris Riyanta menjelaskan, pandemi Covid-19 yang melanda sejak Maret lalu berdampak pada semua bidang usaha dan membuat pergerakan ekonomi semakin lambat. Salah satunya adalah di bidang ekspor. 

Melalui pameran virtual ini, diharapkan dapat mendukung IKM yang memiliki produk berkualitas ekspor dalam melakukan promosi lebih luas. Selain itu juga berfungsi memberikan edukasi kepada para pelaku usaha dalam meningkatkan strategi pemasaran melalui digital marketing.

“Tujuannya adalah untuk memberikan dukungan kepada IKM yang memiliki produk berkualitas eksport dalam melakasanakan promosi dan menunjukkan eksistensinya kepada dunia luas,” ujar Aris dalam acara konferensi pers Jumat (6/11).

Mengangkat tema Jogja Creative Products For Global Opportunities, pameran ini diharapkan mengantar produk kreatif berkualitas ekspor supaya bisa bersaing di tingkat internasional.

Aris menambahkan, pelaksanaan acara secara virtual juga merupakan bentuk adaptasi terhadap kebiasaan baru di masa pandemi, pada strategi promosi perdagangan luar negeri. Dilengkapi dengan fasilitas interaktif antara penjual dan pembeli.

“Walaupun dilaksanakan secara virtual, pengunjung diharapkan tetap dapat merasakan hadir dalam hall pameran dan dapat berinteraksi dengan peserta pameran secara langsung,” tandasnya. (sky/tif)

Jogja Utama