RADAR JOGJA – Lions Club (LC) Yogyakarta Manggala Mataram, District 307-B2 Indonesia, menggelar acara fashion show. Acara diadakan di Atrium Hartono Mall, Minggu 25 Oktober 2020. Tentu, acara ini digelar dengan protokol kesehatan ketat karena masih masa pandemi.

Fashion show tersebut bertema “Proud to be a woman, proud to be a Lions”. Diikuti sejumlah peragawati yang menampilkan busana karya terbaik dari perempuan fashion designer Jogja.

Dimulai pukul 11.00 WIB, fashion show berlangsung meriah. Yang menarik, semua panitia yang terlibat dalam acara tersebut adalah perempuan. ‘’Kami berharap perempuan bukan lagi hanya sebagai subjek, namun juga sebagai subjek pembangunan. Terutama bidang fashion ini,’’ ujar Project Officer fashion show, Lions Ellen.

Ketua Wilayah 2 Lions Club Indonesia Distrik 307-B2, Chatarina Advenita Tersierra Rosa mengatakan bahwa acara ini digelar dengan tujuan memberdayakan perajin fashion lokal. Sesuai misi Lions Club memberdayakan perekonomian masyarakat.

‘’Lions Club menyokong potensi lokal, kita harus bangga dengan produk fashionlokal Yogya. Kami melibatkan empat desainer perempuan Yogya dalam acara ini. Produk fashion mulai dari lurik, batik, tas anyaman, dan tas kulit dikenakan para peragawati,’’ ujar Chatarina.

Sementara itu, President Lions Club (LC) Yogyakarta Manggala Mataram, Joynindya Maitri mengatakan acara tersebut juga bertujuan mengangkat potensi perajin fashion lokal Jogja. ‘’Acara ini dipersiapkan hanya dua minggu, dan rapat koordinasi cuma dua kali. Dan panitianya semuanya perempuan,’’ kata Joynindya.

Diharapkan dengan acara tersebut, perempuan bisa bebas berekspresi. Juga mengabdi dan melakukan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga menjadi perempuan mandiri dan maju. Empat perempuan desainer Yogya yang terlibat dalam acara tersebut, Ariana Restu Handari, Dewani Lubis, Rupa Datu, dan Novi. Karya tas kulit dari Elefante, serta tas daur ulang karya Michelle. (*/iwa)

Jogja Utama