RADAR JOGJA – Anggota Fraksi PKB DPR RI H. Sukamto SH melakukan road show ke tiga kabupaten yang menyelenggarakan pilkada. Dimulai dari Kabupaten Sleman pada Minggu (18/10), dilanjutkan Gunungkidul pada Selasa (20/10) dan diakhiri di Bantul Rabu (21/10).

Sukamto mengunjungi tiga daerah tersebut dalam rangka koordinasi internal pemenangan pilkada. Sekaligus konsolidasi memenangkan calon bupati dan wakil bupati yang diusung PKB. Dia meyakini calon yang diusung PKB yang didukung penuh Nahdlatul Ulama (NU) akan memenangkan Pilkada 9 Desember 2020.

“Saya juga yakin yang terbaik itu pasti nomor 1 (satu, Red),” ujar Sukamto di Pondok Pesantren An-Nur, Ngrukem, Sewon, Bantul, Rabu (21/10).

Nomor (1) yang dimaksud Sukamto adalah pasangan bupati dan wakil bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo. Duet Halim-Joko diusung PKB, PDI Perjuangan, PAN dan Partai Demokrat.

Pertemuan di Ponpes An-Nur Ngrukem dihadiri sejumlah tokoh NU dan PKB. Tampak pula calon bupati nomor urut (1) Abdul Halim Muslih. Dia ikut duduk lesehan.  Sejajar dengan Sukamto di podium menghadap ke arah peserta.

Ajakan memenangkan calon yang didukung NU itu mendapatkan respons Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bantul Muhammad Irfan Chalimi. Dia  menyebut warga NU wajib menyalurkan aspirasi politiknya. “Jangan sampai menjadi korban politik. Warga NU harus bersatu. Politik harus diperjuangkan dan diihktiari,” pinta Irfan.

Sebelumnya saat di Gunungkidul, Sukamto juga mengajak warga NU dan PKB memenangkan pasangan Sunaryanta-HeriSusanto. “Kami menargetkan tiga calon yang diusung PKB menang. Untuk Gunungkidul target kemenangan 40 persen,” kata Sukamto semangat.

Untuk memenangkan itu, dia mewanti-wanti agar semua anggota DPRD kabupaten dan provinsi dari PKB harus berjuang maksimal. Mereka bertanggung jawab memenangkan duet Sunaryanta-Heri Susanto.

“Kalau sampai kalah kena sanksi,” tegasnya. Ikut hadir dalam pertemuan yang diadakan di daerah Siyono, Playen, Gunungkidul itu Ketua DPC PKB Gunungkidul Sutiyo, Wakil Ketua PCNU Gunungkidul Tohari dan Ratno Pintoyo yang menjadi ketua Sekber Tim Pemenangan Sunaryanta-Heri Susanto.

Wakil Ketua PCNU Gunungkidul Tohari menyebut pasangan calon yang diusung PKB merupakan kader NU. Dia meminta warga NU  agar merapatkan barisan. Meluasnya dukungan NU itu melegakan bagi Ratno Pintoyo.

Sebagai ketua sekber tim pemenangan pasangan calon nomor (4) menilai di tengah politik yang serba pragmatis, warga NU Gunungkidul tetap santun. “Karena ini calonnnya dari NU, maka warga NU jangan jadi penonton,” pinta Ratno.

Di Sleman, koordinasi internal pemenangan pilkada diadakan Sukamto di Ponpes Al-Qodir Cangkringan, Sleman. Tujuan koordinasi internal ini  dalam rangka memenangkan calon bupati dan wakil bupati Sleman nomor urut (1) Danang Wicaksana Sulistya-Agus Choliq yang diusung PKB dan Partai Gerindra. (cr2/gun/kus)

YAKIN : Koordinasi internal di Pondok Pesantren An-Nur, Ngrukem, Sewon, Bantul. (21/10).

Jogja Utama