RADAR JOGJA – Penyaluran bantuan sosial beras kepada keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) tahap dua sudah mulai didistribusikan. Sudah ada empat kecamatan yang mulai didistribusikan.

Kepala Dinas Sosial Kota Jogja, Agus Sudrajat mengatakan empat kecamatan yang sudah dicicil penyaluran bansos beras ini yakni kecamatan Kotagede, Jetis, Gondomusuman, dan Danurejan. “Penerima bansos ini masih tetap sama dengan tahap pertama,” katanya Kamis (15/10).

Agus menjelaskan pada tahap pertama KPM PKH mendapat alokasi bansos untuk bulan Agustus dan September sebanyak 30 kilogram. Adapun tahap kedua ini pada bulan Oktober dialokasikan sebanyak 15 kilogram. “Evaluasi dari penyaluran tahap pertama, untuk yang menerima hari ini posisinya baru di luar kota atau berhalangan, boleh diambilkan oleh keluarga yang masih dalam satu c1. Pokoknya harus tersalurkan,” ujarnya.

Pun mekanismenya, KPM belum menerima bansos pada tahap pertama atau terlewat batas waktu pengambilan. Bisa dilakukan pengambilan pada tahap kedua dengan syarat harus dengan surat pelimpahan yang diketahui oleh pihak Dinsos. “Kalau kemarin belum ngambil bisa diberikan semuanya ditahap kedua. Tapi yang ngajukan adalah pendamping dan yang menerima pendamping PKH kemudian yang menerima ini harus diketahui oleh Dinsos,” jelasnya.

Sementara, target penyaluran tahap kedua ini sampai dengan batas waktu bulan Oktober harus sudah selesai. “Kalai nanti ditemui ada beras yang rusak akan kita tindak lanjuti dan harus sesuai dengan bukti. Tapi waktunya jangan lama-lama,” imbuhnya. (wia/pra)

Jogja Utama