RADAR JOGJA – Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta berkomitmen untuk memberi dukungan penuh terhadap pergelaran FKY. Selain dari sisi pendanaan, Dinas Kebudayaan DIY juga terus melakukan koordinasi dan pengarahan agar ajang ini bisa menjadi wadah berkesenian masyarakat.

“Karena FKY itu tidak hanya kesenian, tapi juga kebudayaan, sehingga cakupan wilayahnya semakin luas. Misalnya, budaya benda maupun tak benda. Harapan semuanya dapat terwadahi dalam festival besar ini menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta,” jelas Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Adat, Tradisi, Lembaga Budaya dan Seni Dinas Kebudayaan DIY Eni Lestari Rahayu.

FKY telah menjadi event pekan kebudayaan daerah. Yakni, untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang rencananya diselenggarakan pada 30 Oktobe rmendatang.

PKN merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai wujud implementasi dari agenda strategi pemajuan kebudayaan yang telah disepakati dalam Kongres Kebudayaan Indonesia 2018. Hal ini diwujudkan dengan cara menyediakan ruang bagi keberagaman ekspresi budaya dan mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif.

“FKY ini yang dipilih untuk mendukung PKN. Maka, nanti kegiatan besar akan selalu dipantau tim panitia pekan budaya,” jelasnya. (tor/amd)

Jogja Utama