RADAR JOGJA – Kuota penukaran pecahan Rp 75.000 edisi spesial Kemerdekaan RI ke-75 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIJ hingga 3 September mendatang telah terisi penuh. Kendati demikian Kepala Kanwil BI DIJ Hilman Tisnawan tidak menyebutkan jumlai total kuota tersebut. Dia meminta masyarakat untuk bersabar menunggu adanya kuota tambahan.

“Bukan berarti masyarakat tidak bisa mendapatkan, kami harap masyarakat sabar, nanti akan ditambah lagi kuotanya. Sudah diperhitungkan dengan rasio masyarakat di DIJ,” jelasnya usai jumpa pers virtual dengan Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi, Selasa (18/8) di Kanwil BI DIJ.

Penukaran uang Rp 75.000 hanya dilayani 150 lembar per harinya. Ini sebagai antisipasi kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

“Awal Oktober nanti selain dari BI, juga akan dibantu bank umum yang telah ditunjuk untuk memberi pelayanan penukaran pecahan Rp75.000, yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, dan CIMB Niaga,” tambah Hilman.

Dalam video conferencenya, Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menjelaskan detil desain uang pecahan Rp 75.000.  Adanya foto proklamator, pengibaran bendera proklamasi, bermakna mensyukuri kemerdekaan dan pencapaian pembangunan khususnya infrastruktur. Untuk memperteguh simbol kebhinekaan, terdapat gambar anak-anak yang mengenakan pakaian adat dari wilayah Barat, Tengah dan Timur Indonesia.

“Motif songket Sumatera Selatan, batik Kawung Jawa dan tenun Gringsing Bali menggambarkan keanggunan, kebaikan, dan kesucian,” ujarnya.

Ada pula gambar anak-anak Indonesia sebagai generasi penerus yang siap mewujudkan Indonesia Emas 2045. Peta Indonesia emas pada bola dunia melambangkan peran strategis Indonesia dalam ranah global. Sedangkan gambar satelit merah putih sebagai jembatan komunikasi NKRI. Menurut Rosma, uang ini tak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran, namun juga lambang kedaulatan.

“Keamanan juga kami pastikan, agar tidak ada yang memalsukan. Sejauh ini juga animo masyarakat sangat tinggi untuk mendapatkan uang tersebut, kami sudah perhitungkan untuk kebutuhannya,” tandasnya. (sky/tif)

Jogja Utama