RADAR JOGJA – Ketua DPD Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia DIJ Surya Ananta memastikan delapan mall di DIJ siap menjalankan standar operasional prosedur dan protokol kesehatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Langkah selanjutnya adalah meminta kepatuhan para pengunjung dalam menjalani regulasi tersebut.

Dia mengakui penerapan kebijakan ini tidak mudah. Terutama membangun kesadaran pengunjung dan membangun kesadaran kolektif atas rasa aman dan nyaman selama mengunjungi mall. Guna melangkah pada skema the new normal.

“Dua hal pokok yang menjadi pemikiran salah satunya kesiapan itu sendiri. Dalam kondisi sekarang ini (pandemi Covid-19) memang terasa berat. Tapi tetap operasional dan mengikuti ketentuan. Aturan ini juga berlaku bagi pengunjung,” jelasnya, ditemui di Bangsal Kepatihan Pemprov DIJ, Selasa (2/6).

Penerapan protokol kesehatan, menurutnya tak cukup bagi karyawan maupun pengelola tenant. Kunci utama pengendalian Covid-19 ini juga berlaku bagi pengunjung. Mengutamakan protokol kesehatan atas dirinya sendiri.

Surya meyakini kesadaran pribadi berdampak pada kesadaran kolektif. Alhasil penerapan regulasi bukan berdasarkan paksaan. Namun kesadaran diri untuk menjaga pola kesehatan di seluruh mall di Jogjakarta.

“Aktivitas belanja dengan aman dan nyaman tetapi juga mengikutinya  dengan new aman dan new nyaman juga. Mengikuti protokoler ataupun aturan atau pembatasan-pembatasan atas kesadaran diri sendiri,” katanya.

Pasca pandemi Covid-19 ada perubahan karakteristik pengunjung. Termasuk penurunan drastis jumlah pengunjung. Sayangnya Surya tak memiliki data secara lengkap. Tepatnya angka kunjungan di delapan pusat perbelanjaan modern tersebut.

Untuk kembali ke aktivitas normal, setiap manajemen mall harus membangun kepercayaan kepada para pengunjung. Terutama tentang penerapan SOP dan protokol kesehatan Covid-19.

“Market telah berubah, yang biasanya pengunjung  dari Jawa Tengah, Jakarta dan Surabaya menurun drastis. Upaya kami tentu mempertahankan kenyamanan dan keamanan dengan situasi yang baru,” ujarnya.

Kedelapan mall tersebut di antaranya adalah Mall Malioboro Jogja, Galeria Mall, Plaza Ambarrukmo, Jogjatronik, Lippo Plaza Jogja, Jogja City Mall, Sahid Jogja Walk dan Hartono Mall. (dwi/tif)

Jogja Utama