RADAR JOGJA – Angka kesembuhan pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terus bertambah. Tercatat ada enam pasien sembuh hari ini (1/6). Yakni dua warga Sleman, dua warga Gunungkidul dan masing-masing satu warga Kota Jogja dan Kabupaten Bantul. Akumulasi angka kesembuhan mencapai 167 kasus. 

Keenam kasus di antaranya pasien kasus 104, laki-laki berusia 79 tahun. Kasus 228, laki-laki berusia 25 tahun. Keduanya berasal dari Sleman. Kasus 223, peremluan berusia 50 tahun. Kasus 224, laki-laki berusia 20 tahun. Keduanya asal Gunungkidul.

“Kasus 156, laki-laki usia 25 tahun asal Bantul. Kasus 163, perempuan berusia 48 tahun asal Kota Jogja. Keenamnya sudah sembuh dan kesehatannya fit,” jelas Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemprov DIJ Berty Murtiningsih, Senin (1/6).

Gugus Tugas Covid-19 DIJ juga mencatat penambahan satu kasus baru. Tercatat sebagai adalah kasus 239. Pasien ini adalah laki-laki berusia 38 tahun asal Bantul. Memiliki riwayat perjalanan dari Sukabumi.

Berdasarkan catatan dua hati terakhir, mayoritas kasus adalah imported cases. Diawali oleh kasus 236, riwayat perjalanan Surabaya. Ada pula pasien kasus 238 yang memiliki riwayat perjalanan Jakarta.

“Tiga pasien yang riwayat luar kota bukan sepenuhnya mudik, ada yang keperluan kerja tapi bukan ASN. Kalau yang hari ini dari Sukabumi infonya urusan pekerjaan,” katanya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes DIJ ini menjelaskan riwayat perjalanan. Kasus Jakarta memenuhi persyaratan surat sehat saat akan kembali ke Jakarta. Saat uji swab justru hasilnya positif.

Sementara untuk kasus Surabaya masih dalam pendalaman. Berdasarkan data, pasien tersebut alamat KTP Jawa Timur. Hanya saja domisili tinggal saat ini Kota Jogja. 

“Penambahan kasus masih terus terjadi, walau hanya satu kasus. Kalau uji swab masih berlangsung di semua laboratorium. Total ada 179 sampel,” ujarnya.

Berdasarkan data akumulasi kasus positif Covid-19 di Jogjakarta mencapai 237 kasus. Dari total tersebut 167 kasus telah sembuh. Adapula delapan pasien telah sembuh dari Covid-19.

“Dari total kasus tersebut, sebanyak 62 kasus atau pasien masih menjalani rawat isolasi,” katanya.(dwi/tif)

Jogja Utama