RADAR JOGJA – Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Nasari kantor cabang Kota Jogja menyumbangkan alat pelindung diri (APD) ke puskesmas yang ada di Kota Jogja. Salah satu puskesmas yang mendapat sumbangan adalah Puskesmas Mergangsan.

Pgs Pemimpin Cabang KSP Nasari Kantor Cabang Kota Jogja Haryunimenyampaikan, sumbangan tersebut menjadi salah satu bentuk kepedulian dan solidaritas untuk para tenaga medis, khususnya di Kota Jogja. “Ada 20 APD yang kami sumbangkan untuk Puskesmas Mergangsan,” tutur Yunie, Senin  (18/5).

Yuni menyebutkan, beberapa waktu lalu KSP Nasari Cabang Kota Jogja menggalang dana. Sumbangan ada yang dari anggota KSP Nasari dan juga karyawan KSP Nasari. “Hal itu juga sejalan dengan arahan dari kantor pusat, yakni diminta ikut berpartisipasi untuk setiap cabang harus menyerahkan minimal 40 APD,” jelasnya.

Untuk KSP Nasari Cabang Jogja sudah menyiapkan 40 APD, yang nantinya akan diserahkan ke puskesmas yang lain. “Memang tidak banyak, tetapi semoga dapat membantu para tenaga medis dalam bertugas,” kata dia.

Pemilihan APD untuk disumbangkan ke tenaga medis, yakni Yuni melihat para tenaga medis merupakan garda terdepan dalam menangani Covid-19. Ditambah lagi, kasus Covid-19 semakin hari juga bertambah. Sehingga APD saat ini memang masih sangat dibutuhkan.

Yuni berharap, sumbangan APD tersebut dapat bermanfaat untuk para tenaga medis dalam menjalankan tugas. “Semoga mereka senantiasa diberikan kesehatan dan dilancarkan dalam bertugas. Pun Covid-19 ini juga segera hilang sehingga aktivitas bisa normal kembali,” harapnya.

Nasabah KSP Nasari Kota Jogja ada sekitar 12 ribu dan semuanya adalah pensiunan. Karena adanya Covid-19 ini untuk angsuran pasti ada dampaknya. “Tetapi untuk Nasari sendiri dampaknya tidak begitu besar. Belum mencapai 10 persen sehingga masih dikatakan aman,” imbuh dia.

Untuk pelayanan juga masih berjalan dengan normal seperti biasa. Segala protokol Covid-19 diterapkan dengan baik. Seperti menyediakan tempat cuci tangan dbeserta sabun, hand sanitizer, penerapan physical distancing, pengecekan suhu, hingga penggunaan masker.(cr1/din)

Jogja Utama