RADAR JOGJA – Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) melaporkan satu pasien positif Covid-19 sembuh. Pasien kasus 45 ini adalah seorang pasien laki-laki berusia 58 tahun. Pasien ini berdomisili Kabupaten Sleman.

Berdasarkan data, pasien Kasus 45 dirawat isolasi sejak 12 April. Dari hasil tracing menyebutkan adanya riwayat perjalanan ke Surabaya. Pasca kesembuhan, penangangab fokus pada peningkatan imunitas dan kesehatan pasien.

“Sembuh setelah uji swab sekian kalinya sudah negatif Covid-19. Kondisi kesehatan saat ini baik. Tapi pasien tetap wajib melaporkan perkembangan kesehatannya,” jelas Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 DIJ Berty Murtiningsih, Minggu (3/5).

Gugus Tugas Covid-19 DIJ juga mencatat adanya satu kasus baru. Tercatat sebagai pasien kasus 117. Seorang pasien laki-laki berusia 37 tahun. Tracing telah dilakukan oleh tim Dinas Kesehatan Gunungkidul.

“Untuk kontak riwayat pernah ikut tabligh di Jakarta. Berarti kasus ini masuk klaster jamaah tabligh Gunungkidul,” katanya.

Selain dua laporan di atas ada pula laporan kematian tiga pasien dalam pengawasan (PDP). Ketiganya tercatat meninggal di Kabupaten Sleman.

PDP yang meninggal di antaranya laki-laki berusia 76 tahun asal Gamping. Pasien belum sempat menjalani uji swab oleh Dinkes Sleman. Hanya saja telah dilakukan tracing kasus untuk mengetahui kontak riwayat Covid-19.

PDP kedua adalah laki-laku berusia 61 tahun. Warga asal Berbah ini meninggal dunia Sabtu (2/5). Uji swab telah dilakukan oleh RSUP Sardjito. Masih menunggu hasil untuk kepastian kasus Covid-19.

PDP ketiga adalah perempuan berusia 63 tahun. Tercatat sebagai warga Gamping dan meninggal dunia hari ini (3/5). Swab sudah dilakukan oleh RS PKU Muhammadiyah Gamping dan masih menunggu hasil.

“Untuk PDP kedua dan ketiga yang meninggal uji swab belum keluar. Masih menunggu hasil dari laboratorium,” ujarnya.

Untuk saat ini pasien positif yang masih menjalani rawat isolasi sebanyak 59 pasien. Sementara untuk total pasien positif Covid-19 yang sembuh mencapai 49 pasien. Ada pula tujuh pasien positif Covid-19 dinyatakan meninggal dunia. (dwi/tif)

Jogja Utama