RADAR JOGJA – Tiga kasus baru terkonfirmasi pasca terbitnya uji swab laboratorium. Sehingga total kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) mencapai 75 kasus. Dari total tersebut 38 di antaranya masih menjalani rawat isolasi.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemprov DIJ Berty Murtiningsih menuturkan detail kasus. Kasus 75 adalah seorang perempuan berusia 13 tahun dan Kasus 76, seorang perempuan berusia 39 tahun. Keduanya tercatat sebagai warga domisili Kabupaten Bantul.

“Pasien ketiga tercatat Kasus 77. Pasien perempuan berusia 42 tahun asal Sleman. Ketiga sudah jalani rawat isolasi di rumah sakit rujukan wilayahnya masing-masing,” jelasnya, Rabu (22/4).

Hasil tracing menyebutkan bahwa kasus 75 dan kasus 76 terinfeksi dari kasus 33. Artinya kedua pasien baru ini terinfeksi oleh pasien yang lebih dulu dinyatakan positif Covid-19. Keduanya terlebih dulu berstatus PDP hasil tracing dari kasus 33.

Berty tak menampik kedua pasien baru ini kenal dengan pasien kasus 33. Indikasinya adalah memiliki alamat yang sama. Bahkan juga menyebut ketiganya memiliki hubungan persaudaraan.

Terkait kasus 33 sudah dinyatakan sembuh beberapa hari lalu, Sabtu (18/4). Pasien ini juga sudah pulang ke kediamannya. Sementara untuk kedua kerabat masih menjalani rawat isolasi.

“Laporan dari Dinas Kesehatan Bantul keduanya dari hasil tracing kontak erat kasus positif (kasus 33). Kalau sesuai alamat yg ada kemungkinan masih ada hubungan keluarga,” katanya.

Terkait pasien positif asal Sleman belum terdapat keterangan medis. Berty menuturkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman sedang melakukan tracing. Baik untuk riwayat perjalanan maupun riwayat interaksi sosial.

“Yang dari Sleman, di laporan rumah sakit tidak ada keterangan dan saat ini sedang dilakukan tracing lebih lanjut oleh Dinkes Sleman,” ujarnya.

Berdasarkan catatan Gugus Tugas Covid-19 DIJ terdapat 75 kasus positif. Detailnya 30 pasien dinyatakan sembuh. Adapula tujuh pasien telah meninggal dunia. (dwi/tif)

Jogja Utama