RADAR JOGJA – Empat tenaga kesehatan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sardjito dinyatakan positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hasil tracing menyebutkan keempatnya ada riwayat kontak kasus Jakarta. Baik kepada pasien maupun perjalanan dari kawasan DKI Jakarta.

Kabag Hukum dan Humas RSUP Sardjito Banu Hermawan membenarkan fakta tersebut. Hanya saja dua pasien sudah dinyatakan sembuh. Sementara dua lainnya masih menjalani rawat isolasi di RSUP Sardjito.

“Kalau yang dua itu sudah dinyatakan sembuh sejak pekan lalu. Keduanya  berprofesi sebagai dokter. Sudah pulang juga,” jelasnya, Senin (20/4).

Kedua pasien tersebut, lanjutnya, berstatus sebagai dokter residen. Gejala yang muncul selama medis adalah sesak nafas atau pneumonia. Hasil tracing keduanya menyebutkan ada kontak perjalanan ke Jakarta.

Dari hasil tracing juga menyebutkan kedua pasien diduga sempat interaksi sosial dengan pasien positif Covid-19. Pasca diketahui positif, kedua dokter langsung menjalani isolasi selama 14 hari. Kondisi kesembuhan juga dinyatakan prima.

“Dua yang sembuh ini sudah tidak diawasi secara melekat oleh rumah sakit. Namun, ketika mendapati gejala diimbau untuk segera melapor. Mereka sudah kami bekali kartu Tracer,” katanya.

Untuk dua pasien lain masih menjalani ruang isolasi. Detailnya seorang perawat yang diisolasi sejak 8 April. Satu pasien lagi asalah seorang dokter yang dirawat isolasi sejak 30 Maret. Kondisi kesehatan kedua pasien laki-laki sudah membaik.

“Dokternya riwayatnya sama dengan dua dokter lain, sempat kontak dengan dokter Jakarta. Kalau perawat kontak dengan orang Jakarta. Dia mengantar tamu saat di Jogja, ketularannya di Jogja,” bebernya.

Perawat dan dokter ini sebelumnya sempat mengalami gejala Covid-19. Berupa demam dan sesak nafas. Seiring waktu berjalan, gejala mulai sembuh. Bahkan kondisi kesehatan jauh lebih baik sebelum awal rawat isolasi.

Dalam kesempatan ini Banu turut mengingatkan pengunjung rumah sakit. Agar wajib mengenakan masker saat berkunjung ke rumah sakit. Protokol ini berlaku baku untuk seluruh kunjungan. Termasuk bagi seluruh pegawai RSUP Sardjito.

“Ini jadi catatan kami, meski hasil tracing dari Jakarta. Tapi untuk pengunjung rumah sakit wajib pakai masker lalu kami cek suhu tubuhnya,” katanya. (dwi/tif)

Jogja Utama