RADAR JOGJA – PMI DIJ mendistribusikan 30 ribu sarung tangan kepada 25 rumah sakit rujukan Covid-19 di DIJ mulai Sabtu (4/4). Ketua PMI DIJ GBPH Prabukusumo menjelaskan, bantuan alat pelindung diri (APD) tersebut merupakan bantuan dari PMI Pusat bekerja sama dengan PT Medisafe Technologies (Indorama Group).

Masing-masing rumah sakit mendapat jatah 1.000 sarung tangan. Sisanya, dibagikan untuk PMI di kabupaten/kota di DIJ yang sampai dengan saat ini masih melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai fasilitas umum dan pelayanan publik. Sampai dengan saat ini PMI se-DIJ sudah melakukan penyemprotan di 742 titik dan juga promosi kesehatan kepada sekitar 1.088 jiwa.

“Kami juga sudah mendistribusikan 120 unit sprayer, lima ribu masker, 30 unit penutup wajah, disinfektan 150 kilogram, megafon 20 unit, kaca mata pelindung sejumlah 25 unit, baju hazmat 175 unit, hand sanitizer sejumlah 25 liter serta tempat cuci tangan portabel sejumlah 7 unit,” papar Gusti Prabu.

Selain itu, PMI DIJ juga mengoperasionalkan satu unit mobil minibus yang dilengkapi dua tandon dan mesin pompa untuk penyemprotan disinfektan. Mobil ini digunakan sesuai kebutuhan dan jadwal dari PMI Kabupaten/Kota.

Rumah sakit rujukan yang mendapatkan bantuan dari PMI di antaranya RSUP Dr. Sardjito, RSUD Panembahan Senopati, RSUD Kota Yogyakarta, RSUD Wates, RSPAU D S Hardjolukito, RS St. Elizabeth, RS PKU Bantul, RSUD Sleman, RSUD Prambanan, RS JIH, RS Sakina Idaman, PKU Muhammadiyah Gamping, RS Bahayangkara, RSA UGM, RS Hermina, RSUD Wonosari, RS Panti Rahayu, RSUD Nyo Ageng Serang, RS PKU Kota Yogyakarta, RS Panti Rapih, RS Bethesda, RS. Dt. Soetarto, RS Pratama, dan RS Siloam. (sky/tif)

Jogja Utama