RADAR JOGJA – Pasien kasus 11 tak hanya menjadi pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang satu-satunya sembuh hari ini. Ada dua pasien lain yang juga dinyatakan sembuh. Ada pasien kasus 4 berjenis kelamin laki-laki, usia 50 tahun dan berdomisili Bantul.

Kabar lebih menggembirakan adalah sembuhnya pasien kasus 9. Pasien ini adalah balita usia 4 bulan yang sempat menjalani rawat isolasi di RSUD Wates. Tercatat sebagai warga Kabupaten Kulonprogo.

“Kabar gembira pada hari ini juga telah diperoleh laporan hasil uji dari BBTKLPP (Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit) sehingga bisa dinyatakan sembuh terhadap 3 kasus positif covid 19 di Jogjakarta,” jelas Juru Bicara Penanganan Covid-19 Pemprov DIJ Berty Murtiningsih, Sabtu (4/4).

Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes DIJ memastikan hasil tersebut valid. Ketiga pasien telah menjalani uji swab. Untuk memastikan kesembuhan, pemeriksaan kasus positif Covid-19 berlangsung lebih dari sekali.
Sebelumnya ada pasien kasus 11 yang dinyatakan sembuh. Pasien yang sempat dirawat di RSUD Wonosari ini adalah pasien laki-laki berusia 55 tahun. Berasal dari Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul.

“Laporan hasil pemeriksaan BBTKLPP untuk tiga kasus positif dengan hasil negatif. Sudah lakukan cek laboratorium sebanyak dua kali dan dipastikan sudah sembuh,” katanya.

Sayangnya kabar gembira ini juga diselingi dengan bertambahnya pasien positif Covid-19. Berdasarkan hasil uji laboratorium ada tiga pasien baru. Seluruhnya terkonfirmasi positif berdasarkan uji swab yang terbit per hari ini (4/4).

Detilnya adalah kasus 33, pasien laki-laki berusia 33 tahun. Pasien kasus 34 berjenis kelamin laki-laki dan berusia 30 tahun. Keduanya tercatat berdomisili di Kabupaten Bantul. Terakhir adalah pasien kasus 35, berjenis kelamin laki-laki. Berusia 30 dan berdomisili Kabupaten Sleman.

“Pasien kasus 33 merupakan hasil uji swab di BBTKLPP Jogjakarta. Sementara pasien kasus 34 dan 35 merupakan hasil uji swab di Litbangkes pusat,” ujarnya.
Total pasien yang menjalani rawat isolasi di Jogjakarta mencapai 25 pasien.

Jumlah ini akumulasi setelah dikurangi pasien sembuh sebanyak 6 orang. Juga dikurangi pasien yang meninggal sebanyak 3 orang.

“Untuk total pasien dalam pengawasan (PDP) hingga saat ini ada 330 kasus. Masih dalam perawatan sebanyak 131 pasien. Sementara untuk orang dalam pemantauan sebanyak 2629 orang. Ini merupakan laporan Dinas Kesehatan kabupaten kota dan RS rujukan Covid-19 per 4 April,” katanya. (dwi/tif)

Jogja Utama